uang kripto

Mata uang kripto buatan Rusia kabarnya telah siap untuk diluncurkan pada akhir Oktober. Uang kripto yang diberi nama Gram ini akan serupa dengan milik Facebook, Libra, dan Bitcoin. Gram akan menyediakan mata uang ini untuk  200 sampai 300 juta pengguna Telegram diseluruh dunia.

Baca Juga : Buat SIM Kini Bisa Menggunakan Go-Pay

Sebelumnya Telegram pernah mengatakan akan membatalkan initial coin offering (ICO) milik Gram. Sehingga kabar dibuatnya mata uang kripto ini tentunya menjadi kejutan bagi seluruh pengguna. Dari informasi yang di dapat kabarnya pembuatan Gram ini menghabiskan dana USD 1,7 miliar.

Gram ini juga nantinya akan didesantrilasi sama seperti bitcoin dan tidak akan dikendalikan oleh perusahaan itu sendiri. Namun belum dapat dipastikan apakah hal ini akan disetujui oleh pemerintah di negaranya sendiri. Mengingat Telegram pernah bermasalah dengan negara asalnya yaitu Rusia. Beberapa regulator juga dikabarkan takut jika inovasi yang dibuat oleh Telegram ini akan menjadi jalan masuk yang bertujuan sebagai pencucian mata uang ilegal.

Mengutip dari pernyataan seorang pengamat Firma Hukum Cryptocurrency, Richard Levin yang memberikan pernyataan melalui The New York Times. Beliau mengatakan, bagi siapapun yang membuat sistem seperti ini harus berhati-hati dengan beberapa regulator yang ada.

Baca Juga : Meningkatkan Engagement untuk Bisnis yang Lebih Baik

Pada beberapa waktu yang lalu Facebook juga pernah menyatakan bahwa pihaknya kemungkinan tidak dapat meluncurkan uang kripto mereka yang akan diberi nama Libra. Hal itu diperkuat karena tekanan yang dibuat oleh regulator di Amerika dan para anggota parlemen.

Tiga orang investor anonim Telegram menyebutkan jika nantinya mata uang kripto ini diluncurkan, pengguna Telegram bisa menyimpan koin di dompet digital yang ada pada Gram. Untuk para investor ritel yang ingin membeli Gram ini dapat membelinya melalui Tokenomy. Penjualannya dikabarkan telah diselenggarakan pada 19 Agustus lalu yang berlangsung kurang lebih dua minggu.

Dengan hadirnya terobosan blockchain yang dibuat Telegram ini kabarnya akan membuat Telegram menjadi aplikasi super yang multifungsi. Tidak hanya itu saja Gram ini diberitakan akan menjadi aplikasi yang akan membuat terobosan ekonomi kreatif melalui aplikasi Telegram tersebut.

Baca Juga :Pomona Startup Penyedia Cashback