media sosial

Media Sosial bukanlah hal tabu saat ini. Sekarang Media Sosial atau disingkat medsos memiliki peran penting dalam strategi berbisnis. Ditambah lagi saat masa pandemi seperti sekarang. Adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) banyak toko offline diharuskan tutup sementara. Oleh karena itu, menggunakan medsos dapat membantu Anda untuk tetap bisa berjualan.

Berbagi informasi kepada pengunjung bukanlah satu-satunya keuntungan menggunakan Media Sosial. Banyaknya jenis medsos juga dapat membantu Anda memperluas jaringan calon konsumen Anda. Nah, manfaat apa saja yang media sosial berikan? Berikut ulasannya.

Dapat Mengetahui Siapa Pelanggan Anda

Kunci sukses dalam berbisnis adalah mengenal pelanggan lebih dekat. Medsos membantu Anda mengetahui siapa saja yang dapat menjadi pelanggan Anda. Contohnya di Instagram. Jika Instagram Anda sudah berubah ke akun bisnis, terdapat fitur yang dapat membantu Anda. Dalam fitur tersebut, akan diinformasikan usia, jenis kelamin, pukul berapa unggahan yang ramai dicari, jenis unggahan yang disukai, dan masih banyak lainnya.

Informasi tersebut dapat membantu Anda dalam memetakan target pelanggan Anda. Usaha dan konten apa yang dapat Anda pilih agar calon pelanggan tersebut memilih produk Anda. Dengan adanya target konsumen yang tepat dan efektif dapat memberikan Anda keuntungan lebih.

Baca Juga: Strategi Penjualan Dengan Bercerita Melalui Sosial Media

Memudahkan dalam melakukan Feedback

Selain dapat mengetahui siapa calon pelanggan Anda, Medsos memudahkan Anda dalam melakukan feedback. Misalnya saja saat Anda meluncurkan produk baru. Maka secara langsung, Anda dapat mengetahui langsung pendapat dari konsumen. Biasanya konsumen akan berkomentar pada kolom komentar seperti di Facebook atau Instagram.

Selain itu, Anda bisa mempelajari bagaimana cara konsumen menggunakan produk Anda.  Dengan demikian, respon konsumen terhadap aspek apapun dalam bisnis Anda dapat dilihat. Hasilnya dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Membantu Meningkatkan Pengunjung Website Anda

Anda memiliki website untuk bisnis Anda? Media Sosial mempunyai peran untuk membantu tingkatkan kunjungan. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Dengan cara menuliskan alamat website Anda pada bio medsos atau postingan tertentu. Hal ini akan membatu meningkatkan pengunjung pada website Anda.

Tak lupa gunakan SEO yang baik agar mudah bagi calon konsumen mencari produk Anda. Salah satu faktor kekuatan SEO sendiri adalah backlink yang berkualitas.

Informasi Lebih Cepat Terbagikan ke Konsumen

Penggunaan medsos juga membantu Anda menyebarkan informasi lebih cepat. Tak terkecuali untuk bisnis Anda. Dengan adanya tombol “share”, informasi bisnis Anda akan dijangkau banyak konsumen. Namun perlu diingat, pastikan informasi yang dibagikan sesuai minat target konsumen Anda. Buatlah konten dengan caption serta desain gambar yang menarik. Dengan demikian, Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen Anda.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Di Sosial Media Dengan Budget Minimal

Meningkatkan Brand Awareness

Brand merupakan identitas bisnis Anda. Media Sosial dapat membantu meningkatkan brand Anda.  Pasalnya membangun brand melalui medsos membutuhkan tenaga, pikiran, waktu dan proses yang tidak sebentar.

Walaupun tanpa biaya, Anda dapat menggunakan tagar yang pas untuk brand bisnis Anda. Pastinya konten yang diunggah harus menarik wajib ditampilkan agar konsumen mengenal brand Anda.

Dari ulasan di atas, kini saatnya Anda menambah jangkauan bisnis melalui Media Sosial. Meskipun bisnis dengan medsos butuh waktu dan proses tak mudah, tapi jika dilakukan dengan tepat hasilnya akan sesuai.