Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah berupaya meminimalisir korban penipuan dari investasi ilegal atau investasi bodong. Oleh karena itu, pada tahun 2016 lalu OJK telah meluncurkan sebuah situs bernama sikapiuangmu.go.id.

Layanan tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terkait produk investasi. Selain itu, layanan ini mencegah sebaran penawaran investasi yang merugikan masyarakat.

Diwebsite tersebut ada investor alert portal yang berisi daftar kegiatan investasi yang tidak terdaftar dan tidak diawasi oleh OJK. Dengan layanan ini masyarakat diharapkan dapat menghilangkan keresahan dan ketahukan masyarakat terhadap investasi bodong.

Baca Juga : Tingkatkan penjualan lewat promo

Saat ini pula banyak aplikasi mobile yang menawarkan kemudahan berinvestasi, Jika aplikasi tersebut telah terdaftar di OJK dan terverivikasi oleh sistem maka aplikasi tersebut dinyatakan aman. Namun jika saat mengecek di situs ternyata badan investasi yang mereka gunakan tidak terdaftar dalam situs, maka masyarakat bisa mengadukan hal tersebut ke OJK. Sehingga nantinya bisa ditindak lanjuti.

Investor Alert Portal merupakan respon pertanyaan masyarakat terhadap legalitas perusahaan yang menawarkan investasi. Ada beberapa penyebab yang membuat masyarakat terjebak di dalam investasi bodong.

Antara lain karena rendahnya tingkat literasi keuangan. Kemudian, masyarakat membeli produk investasi yang tidak berizin dan ditawarkan oleh perusahaan investasi yang tidak memiliki izin pula.

Pihak yang menawarkan investasi bodong ini memanfaatkan psikologis masyarakat yang terbuai dengan janji manis, mudah percaya jika ada tokoh masyarakat atau tokoh agama dari figur dari perusahaan investasi, kadang artis. Ataupun melihat sukses saudara teman yang mengikuti kegiatan investasi bodong tersebut.

Baca Juga : Simak Fitur baru MacOS

Untuk mengatasi masalah ini OJK telah menandatangani nota kesepakatan dengan instansi lain seperti Kepolisian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk koordinasi pencegahan dugaan melawan hukum di bidang penghimpunan dana masyarakat.

Berinvestasi itu memang perlu dan penting karena dapat menjadi tabungan dihari tua nanti, dan ingat tujuan investasi adalah untuk mencari keuntungan bukan kerugian.

Salam Digitizers