Harga properti naik tiap tahunnya

Harga properti naik tiap tahunnya, Apa penyebabnya? – Dalam berinvestasi, investasi properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat diminati masyarakat. Investasi properti menjadi andalan investor lantaran harganya yang selalu meningkat tiap tahunnya. Potensi kenaikan pada harga properti bisa mencapai 10% hingga 15%. Lalu, apa yang menyebabkan harga properti dapat selalu naik? Berikut penjelasannya.

Faktor Naiknya Harga Properti

Inflasi

Inflasi merupakan situasi dimana keadaan harga dan layanan mengalami kenaikan dan pasti akan terjadi setiap tahunnya. Hal ini tentu juga mempengaruhi pada harga properti dikarenakan naiknya harga produk turunan properti seperti cat dan semen.

Baca Juga : Verifikasi Rekening Bank Untuk Pembayaran Google Adsense

Tanah menjadi langka

Salah satu faktor naiknya harga properti yakni semakin langkanya Tanah. Seperti yang kita tahu luasnya tanah di bumi tidak akan meningkat sedangkan penduduk bumi semakin meningkat sehingga membuat tanah menjadi langka. Sesuai dengan prinsip ekonomi, semakin langka sebuah barang maka akan semakin mahal pula harga barang tersebut.

Jumlah penduduk terus meningkat

Jumlah penduduk akan selalu meningkat entah dari faktor kelahiran maupun dari faktor-faktor lain. Penduduk tersebut tentu membutuhkan tempat tinggal dan ini membuat kebutuhan properti yang semakin meningkat sedangkan jumlah properti menjadi semakin langka dan ini membuat harga properti menjadi meningkat.

Baca Juga : Pembayaran Google AdSense Pada Publisher Indonesia – Jilid 1

Perilaku para investor

Para investor tentu memiliki strategi untuk meningkatkan modal investasinya terutama para investor properti. Sebagai contoh, ketika kondisi ekonomi sedang sulit para investor akan membeli semua properti yang tentu harganya sangat bersahabat. Lalu para investor akan menjual kembali properti yang dibeli pada saat kondisi ekonomi sedang normal dan tentunya harga properti pada saat itu akan menjadi naik. Strategi inilah yang biasa dilakukan oleh para investor properti.

Perkembangan kelas menengah

Pada setiap negara berkembang, kelas menengah akan terus tumbuh sejalan dengan roda ekonomi yang terus berputar. Oleh karena itu, keleas menengah ini turut memanfaatkan peluang ekonomi seperti turunnya suku bunga pinjaman. Semakin pesat pertumbuhan jumlah kelas menengah dan keluarga berpenghasilan ganda, hal ini juga akan turut mempercepat siklus kenaikan harga properti.

Baca Juga : Pembayaran Google AdSense Pada Publisher Indonesia – Jilid 2

Jadi kesimpulannya adalah harga properti akan selalu meningkat mengingat jumlah tanah di dunia yang mana tidak akan semakin bertambah, namun semakin langka. Oleh karena itu peminat pada instrumen investasi ini juga semakin banyak.

Salam Digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here