Google Adwords, Google Adsense & Google Admob.

Google Adwords, Google Adsense & Google Admob. Apa yang Perbedaannya? – Bagi pemilik blog, channel Youtube maupun pengembang aplikasi, mungkin telah mengenal Google Adwords, Google Adsense & Google Admob. Namun, tak sedikit yang bingung dengan fungsi dan perbedaan dari ketiganya. Ketiganya memang memiliki kesamaan yakni pelayanan iklan milik Google tetapi masing-masing memiliki perbedaan. Lalu, dimana letak perbedaan dari ketiganya? Berikut penjelasannya.

Google Adwords, Google Adsense & Google Admob. Berikut Perbedaannya.

Google Adwords

Google Adwords, Google Adsense & Google Admob.

Singkatnya Google Adwords merupakan platform pengiklan dari Google. Dengan Adwords para pemilik bisnis dapat mengiklankan bisnisnya pada semua produk Google yang mendukung iklan dari Google Adwords termasuk situs-situs rekanan dari Google.

Jika dalam hasil pencarian Google terdapat hasil berlabel ‘ad’ atau ‘iklan’ berwarna kuning, itu merupakan contoh dari iklan Adwords. Dengan ini pemilik bisnis tak perlu repot memikirkan SEO untuk dapat menampilkan bisnisnya pada halaman pertama pada hasil pencarian Google.

Baca Juga : Instagram munculkan laman tab shopping

Google Adsense

Google Adwords, Google Adsense & Google Admob.

Jika Google Adwords untuk pengiklan, maka Google Adsense merupakan platform untuk situs-situs yang telah menjadi mitra dari Google. Pada situs-situs inilah iklan dari Google Adwords akan ditampilkan. Dan dapat diperhatikan iklan-iklan pada situs besar biasanya akan nampak iklan dengan label “Iklan by Google”. Berarti situs tersebut telah bermitra dengan Google dan telah terpasang script Google Adsense.

Google Admob

Google Admob,

Hampir sama dengan Google Adsense, namun Google Admob berjalan pada platform mobile application yang berarti iklan dari Google Admob ditayangkan pada aplikasi seluler yang telah terintegrasi dengan Google Admob. Iklan pada aplikasi seluler dapat berupa spanduk kecil yang berada pada bagian atas maupun bawah aplikasi maupun dalam bentuk halaman. Pemilik aplikasi dapat mengatur seberapa sering dan seberapa banyak iklan dari Google Admob yang akan ditayangkan pada aplikasinya. Dan dari penayangan dan klik iklan itulah pengembang aplikasi akan mendapatkan dollar atau royalty dari Google.

Baca Juga : Cara baru beli sticker di line webtoon

Itulah perbedaan dari Google Adwords, Google Adsense & Google Admob. Bagi anda yang memiliki bisnis anda juga dapat beriklan pada Google untuk mempromosikan bisnis anda.

Salam Digitizer,