Instagram kini telah memberikan tombol untuk langsung berbelanja atau shoppable post pada foto, namun kini mereka merambah dengan menambahkan tab shopping di halaman Explore. Tab Shopping ini akan memudahkan para user untuk melihat-lihat feed khusus untuk belanja dari para penjual. Dalam launching ini, Instagram juga memberikan sticker pada Stories mereka untuk pertama kalinya dimana para user bisa langsung membeli barang pada Stories dengan cara menekan barang yang ingin dibeli pada Stories.

Instagram akan Luncurkan Tab Shopping di Halaman Explore

 

Baca juga : Path Resmi Tutup Oktober 2018, Ini Cara Simpan Kenangan sebelum Hilang

 

Shopping Sticker dalam Stories ini dapat dikostumisasi dari perusahaan per Storiesnya. Dengan satu klik, produk detil akan terbuka dan akan langsung terhubung ke situs perusahaan. Perusahaan juga bisa melihat jumlah per klik dari Shopping Sticker dan berapa orang yang telah mengeklik situs mereka. Instagram telah menggaet Shopify sebanyak 500ribu lebih merchant serta BigCommerce sebanyak 60ribu merchants agar memudahkan para retailer untuk menggunakan Shopping Sticker Instagram.

 

Instagram akan Luncurkan Tab Shopping di Halaman Explore

 

Shopping merupakan aktivitas populer dalam Instagram yang tersambung dengan Facebook. Perusahaan ini memaparkan telah ada 90 juta pengguna dalam sebulan yang menekan tombol shopping tags pada setiap pos Instagram. Lebih dari 25 juta perusahaan bisnis telah memiliki akun Instagram dan 2 juta dari mereka mengiklankan produk mereka lewat Facebook, papar Sheryl Sandberg, chief operating officer dari Facebook.

 

Baca juga : Teknik Pemasaran Media Sosial Sedang Naik Daun

 

Maka dari itu, inilah mengapa Instagram berencana untuk membuat aplikasi shopping sendiri untuk mengambil untuk dari entusiasme para pengguna untuk adanya commerce pada platform. Namun, belum ada kepastian kapan aplikasi e-commerce milik Instagram ini akan hadir.

 

Baca juga : idEA kan Keluarkan Aturan Flash Sale

 

Sementara ini, Instagram masih sibuk dalam menguji tab shopping di halaman Explore sejak November 2016 dan mulai perlahan diluncurkan di bulan Maret 2017 lalu. Instagram akan menguji lebih jauh dalam fitur shopping lewat Stories di bulan Juni ini. Terdapat 46 negara yang telah mencoba untuk berbelanja lewat ikon shopping bag pada Stories.

 

Adanya fitur shopping tags pada pos Instagram yang sudah dimiliki beberapa akun bisnis Instagram ini masih tersedia hanya untuk Amerika Serikat. Untuk memiliki shoppable post ini, anda tinggal mengubah akun anda menjadi akun bisnis dan harus terhubung dengan akun Facebook anda. Untuk memiliki shoppable post, anda harus memiliki alamat IP dari Amerika Serikat.