Februari 2021 lalu, pengguna internet digemparkan oleh platform media sosial baru. Apa tuh? Nama platform baru ini adalah Clubhouse. Kabarnya, saat ini Clubhouse belum bisa digunakan oleh pengguna android. Ya, masih terbatas untuk pengguna iPhone.

Tapi coba kita berangan dulu. Misalnya Clubhouse pun diluncurkan untuk pengguna android juga, akan seperti apa perkembangannya? Mengingat beberapa social media kini sudah mulai multifungsi.

Baca Juga: Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Media Sosial dan Aktivitas Bisnis

Digitizer tak lagi hanya sebatas berjejaring, namun aktivitas bisnis turut terfasilitasi. Lihat saja Facebook Marketplace dan Instagram Shop. Begitu pun Twitter yang juga mengakomodir kebutuhan iklan.

Terlebih di masa sekarang. Banyak bisnis baru bermunculan. Usaha rintisan (start up business) pun semakin menggurita. Semakin lama, teknologi semakin canggih. Going digital atau bahkan online semakin menunjukkan kenormalan baru dalam aspek gaya hidup.

Apakah Clubhouse Berpeluang Sebagai Media Sosial Multifungsi?

Mari kita tengok dahulu konsep platform baru ini. Sederhananya, Clubhouse adalah media sosial yang memfasilitasi para penggunanya untuk membuat dan bergabung dalam ruang virtual untuk saling ngobrol.

Yang unik dari platform Clubhouse ini, Digitizer bisa ngobrol langsung via suara. Seru, ya? Namun kembali ke pokok bahasan awal deh. Apakah Clubhouse nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk media cari cuan?

Baca Juga: Orderan Aman, Komunikasi Lancar

Mengingat bisnis-bisnis bisa terfasilitasi di Facebook dan Instagram. Jawabannya, tergantung niche market dari bisnis Anda, Digitizers. Pun begitu dengan tujuan penggunaannya. Misalnya saja akun Clubhouse Anda tujukan sebagai ruang keluhan. Menggantikan fungsi layanan pelanggan via email, misalnya.

Tentu bisa, tergantung bagaimana skema yang Digitizers susun. Namun tetap ingat, gunakan media sosial yang HANYA digunakan oleh para pelanggan Anda. Hal tersebut untuk mengurangi upaya lebih yang sia-sia dilakukan. Ya, pilih media sosial yang sesuai dengan bisnis dan target pelanggan.

Jika menemui kendala dalam menyusun strategi tepat bisnis online, ada teman diskusi yang juga ramai jumlahnya. Lihat ke sekitar Anda, sebenarnya ada banyak konsultan digital marketing yang dapat Anda temukan. Mereka dapat membantu dalam menentukan media sosial yang tepat untuk bisnis, sesuai dengan niche market Anda.

Kalau pendapat Digitizers tentang Clubhouse ini bagaimana?