Cara Melaporkan Penipuan Online

Cara Melaporkan Penipuan Online, Begini Caranya! – Seiring dengan majunya teknologi, hampir segala aspek beralih menjadi online tak terkecuali dalam hal berbelanja. Berbelanja online semakin diminati masyarakat karena mudah dan dapat menghemat waktu tanpa harus repot-repot ke toko untuk membeli barang.

Namun, tak sedikit modus-modus penipuan dalam bentuk toko online yang mencoba menjebak korban dengan menjual barang fiktif. Korban yang kurang teliti dapat dengan mudah terjebak dan berakhir merugi.

Baca juga : Instagram akan Luncurkan Tab Shopping di Halaman Explore

Penipuan online ini tentu sangat merugikan bagi penjual maupun pembeli. Si penjual akan dirugikan karena kepercayaan pembeli akan toko online akan berkurang dan bisa jadi membuat pendapatan toko menjadi turun.

Lalu, bagaimana cara melaporkan penipuan online? Simak langkah-langkahnya.

Cara Melaporkan Penipuan Online

Lapor Secara Online

Langkah pertama yakni melaporkan penipuan online melalui situs. Ada beberapa situs yang melayani pengaduan penipuan online seperti : Kredibel.co.id dan Lapor.go.id. Pada situs ini korban bisa melaporkan kejadian mulai dari kronologi, bukti transaksi, bukti penipuan serta data-data lainnya. Dan selanjutnya situs ini akan mengidentifikasi pelaku penipuan.

Lapor Ke Kantor Polisi

Selain melapor secara online, korban juga bisa melapor langsung ke kantor polisi terdekat dengan membawa berkas berisi bukti-bukti yang lengkap agar segera diproses. Selain itu, korban juga bisa mengirimkan berkas serta data diri secara online ke e-mail cybercrime@polri.go.id.

Baca juga : Kelemahan Xpander Jadikan Peluang Bagi “Aftermarket”

Lapor Ke Bank Cabang Terdekat

Korban bisa langsung datang ke bank cabang terdekat untuk melaporkan kronologi penipuan dengan tujuan agar rekening si pelaku dapat dengan cepat diblokir atau diblacklist oleh pihak bank sehingga pelaku tidak bisa menggunakan rekening tersebut. jika korban ingin melaporkan kejadian ketika diluar jam operasional bank, korban bisa menghubungi call center bank tersebut untuk melaporkan kejadian agar cepat dilakukan proses blokir rekening si pelaku.

Itulah beberapa cara melaporkan penipuan online. Pastikan anda lebih teliti dalam melakukan belanja online agar tidak menjadi korban penipuan online. Hal ini juga berlaku bagi pemilik toko online agar dapat mengedukasi pembeli serta meminimalisir terjadinya modus-modus penipuan online lainnya.

Salam Digitizer,