Hashtag adalah bagian penting dari Instagram marketing. Tidak bisa dipungkiri, instagram sebagai platform untuk menunjang bisnis memang makin terus berkembang pesat. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya pengguna instagram, yakni sudah mencapai lebih dari 1 milyar pengguna secara global. Memaksimalkan Instagram tentu juga tidak bisa lepas dari optimasi hashtag.

Hashtag yang tepat akan nembantu brand untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Hal tersebut akan berpengaruh dalam meningkatkan engagement, mulai dari like, komentar, mengunjungi profile, bahkan bisa menambah followers. Sudah menjadi rahasia umum bahwa hashtag ini akan membuat akun instagram bisnis menjadi lebih powerful dan efektif.

Sebagai marketer, penting untuk melakukan riset sebelum benar-benar menggunakan hashtag. Selain itu, optimasi SEO Instagram melalui hashtag juga perlu melakukan percobaan secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa melakukan evaluasi dan menemukan keyword yang tepat untuk digunakan sebagai hashtag. Nah, berikut adalah daftar keyword tool yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset.

Baca juga: 5 Cara Manfaatkan SEO Instagram untuk Maksimalkan Pemasaran

Keywordtool.lo

Kelebihan keywordtool.lo adalah memiliki layanan yang cukup lengkap. Mulai dari rekomemdasi hashtag, jumlah post yang menggunakan hashtag tersebut, dan lainnya. Layanannya memang gratis namun itu terbatas. Namun, Anda perlu menjadi member premium untuk menggunakan berbagai layanan lainnya.

Seekmetrics

Cara kerjanya cukup sederhana. Anda bisa memasukkan hashtah topik, lalu seekmetrics akan menyediakan hashtag-hashtag terkait dengan topik yang Anda cari. Anda juga bisa mengecek topik apa yang tengah dibicarakan banyak orang.

All hashtag

All hashtag juga bisa jadi pilihan untuk melakukan riset hashtag. Seperti yang sebelummya, Anda bisa memasukkan topik tertentu lalu menemukan hashtag terkait yang sesuai. Di tools ini, Anda juga bisa menggunakan layanan lain seperti hashtag creator, dan top hashtag di instagram.

Baca juga: 5 Ide Tipe Unggahan Menarik di Instagram

Displaypurposes.com

Pada tools ini, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai hashtag generator. Cukup dengan memasukkan topik yang hendak Anda jadikan konten, maka secara otomatis akan keluar banyak rekomendasi hashtag yang berkaitan dengan topik tersebut.

Webstagram

Dalam riset hashatg, Anda juga bisa melihat kompetitor. Dengan tools ini, Anda bisa melakukan analisa sehingga hasilnya lebih tepat. Webstagram akan membantu Anda untuk melihat hashtag yang populer di instagram, termasuk melihat popular user ataupun kompetitor. 

Tint

Dengan tool satu ini, Anda bisa melakukan generate konten dan memungkinkan Anda untuk memoderasi konten tersebut, serta menampilkannya di situs yang Anda sukai. TINT juga menyediakan tool bernama Free Instagram Analytic by TINT. Tool ini membantu Anda untuk menemukan influencer dan konten popular berdasar hashtag secara cepat dan mudah.

RiteTag

Tools ini mempunyai fitur yang membantu Anda memilih tag yang tepat, termasuk memberikan alert terkait tag yang sedang trending. Anda juga bisa subscribe pada topik tertentu agar tetap up to date dengan trend terkini berhubungan dengan topik tersebut. Salah satu fitur menarik yang mereka tawarkan adalah fitur instant feedback pada hashtag.