SEO Instagram

Saat ini media sosial seperti Instagram sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya untuk berbagi kabar atau mencari hiburan, melalui Instagram, siapa pun juga bisa melakukan transaksi jual-beli. Namun, kalau pengikut akun Instagram bisnis Anda masih sedikit, apakah konten Instagram Anda akan efektif menjangkau target audiens? Dengan memanfaatkan SEO Instagram secara optimal, hal tersebut bukanlah tidak mungkin. Berikut 5 cara mudah yang bisa Anda terapkan.

Pilih username dan name yang tepat

Sama seperti website, Instagram juga mempunyai alamat khusus yang bisa membawa warganet ke laman Instagram Anda. Jika di website disebut dengan domain dan ekstensi domain, di Instagram disebut username dan name. Dalam menentukan username dan name yang tepat, Anda harus tahu siapa target audiens yang dituju dan apa produk unggulan yang hendak dijual. Jika sudah, Anda bisa langsung menggunakannya sebagai username atau name agar akun Anda bisa muncul di bagian atas ketika orang mengetiknya di kolom pencarian. Misalnya, ketika Anda memilih mahasiswa program studi ilmu komunikasi sebagai target audiens, Anda bisa membuat username @anakkomunikasi atau membuat name Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia.

Baca juga: 3 Tips Maksimalkan Instagram Stories untuk Bisnis

Tambahkan hashtag yang relevan

Tagar atau hashtag juga bisa menjadi keyword yang mengarahkan calon konsumen ke konten atau laman Instagram Anda. Namun, yang harus diperhatikan dalam pemilihan hashtag adalah Anda tidak hanya memilih hashtag yang sesuai dengan konten yang diunggah. Lebih dari itu, Anda juga bisa memasukkan target konsumen dan nama brand sebagai hashtag. Misalnya, jika target konsumen Anda adalah mahasiswa program studi ilmu komunikasi dan kita menjual buku ilmu komunikasi dengan nama brand Penerbit Pintar, kita bisa memasukkan hashtag #mahasiswakomunikasi dan #PenerbitPintar ke dalam unggahan.

Deskripsikan dengan baik di caption

Jika penggunaan hashtag sebagai keyword sudah cukup familiar, penggunaan caption sepertinya belum begitu banyak diketahui orang-orang yang memasarkan produknya melalui Instagram. Padahal, deskripsi ini bisa membantu Anda ter-index di mesin pencari Google jika Anda membuka Instagram menggunakan browser yang berformat Heading 2. Buatlah caption yang menarik dan relevan dengan konten yang Anda unggah.

Manfaatkan fitur Alt Teks

Alt Teks merupakan fitur baru di Instagram. Ia dibuat untuk mengakomodir kebutuhan pengguna tunanetra dan juga memiliki fungsi yang sama dengan menu Alt Teks di website. Ia dapat membantu menaikkan ranking dan muncul di pencarian suara. Alt Teks ini biasanya akan terisi otomatis, sehingga akan lebih baik jika mengisinya sendiri agar lebih sesuai dengan konten yang diunggah. Fitur ini terletak di bagian kanan sebelum Anda mengunggah konten lalu pilih menu advanced settings. Setelah selesai membuat Alt Teks, Anda bisa langsung mengunggah konten seperti biasa.

Baca juga: Ketahui Keuntungan Internet Marketing Sebelum Memulai Bisnis Online

Evaluasi secara berkala

Bagian terpenting dalam pemanfaatan SEO adalah mengevaluasinya secara berkala. Untuk SEO di Instagram, kita bisa mengevaluasinya menggunakan alat analisis bawaan milik Instagram. Namun, tools ini hanya bisa menampilkan data dalam rentang waktu tertentu saja. Jika Anda ingin melakukan analisis secara lebih mendalam, Anda bisa menggunakan tools lain seperti Hootsuite, Sprinklr, atau Sprout Social. Tools tersebut membantu memberikan data yang lebih spesifik serta laporan otomatis. Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan digital marketing agar dapat menilai dan merencanakan ulang strategi social marketing yang lebih efektif.

Nah, sekarang Anda bisa menerapkan cara-cara di atas agar online presence akun Instagram bisnis Anda meningkat. Namun, satu hal yang harus diingat, SEO terbaik bagi website maupun media sosial adalah konten yang berkualitas. Bagaimanapun juga, kita berhubungan dengan manusia dapat berubah kapan saja.