youtube vs tv

YouTube Vs TV, Mana yang Lebih Efisien Untuk Beriklan? – Dalam beriklan terdapat berbagai macam format iklan mulai dari iklan baris, gambar, serta video. Melalui iklan format video terkadang lebih banyak dipilih mengingat pesan yang disampaikan kepada calon pelanggan dapat lebih interaktif.

Namun, kita sering kali melihat iklan berbentuk video pada platform YouTube dan TV. Dari kedua platform tersebut, mana yang lebih efisien untuk beriklan? Berikut ulasannya.

youtube vs tv

YouTube Vs TV, Mana yang Lebih Efisien Untuk Beriklan?

Melihat Jumlah Penonton Iklan

Dalam beriklan tentunya pengiklan menginginkan iklannya ditonton oleh banyak orang agar pesannya dapat tersampaikan secara luas. Dalam beriklan di TV, pengiklan tidak dapat melihat seberapa banyak jumlah penonton yang menonton iklannya. Hanya saja dapat menganalisa melalui rating program atau jam tayang pada stasiun TV tersebut. Berbeda dengan TV, YouTube dapat menampilkan data jumlah penonton iklan serta rentang usia dari penonton tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Pindahkan Video IGTV Ke IGStories

Harga Iklan

Beriklan pada TV harganya terbilang mahal namun tergantung pada durasi iklan serta jam tayang iklan. Berbeda dengan TV, beriklan pada YouTube difasilitasi dengan sistem pay-per-click yang mana pengiklan hanya membayar ketika ada penonton yang meng-klik iklannya.

Tujuan Penonton

Dahulu TV merupakan hiburan dalam rumah yang mana hampir semua rumah memiliki TV. Namun, kini orang lebih memilih menonton YouTube mengingat kontennya yang lebih variatif dan dapat ditonton kapan saja dimana saja. Hal ini membuat YouTube menjadi tujuan bagi banyak penonton sehingga akan lebih optimal apabila beriklan pada platform YouTube.

Jangkauan Pasar

youtube vs tv

Penayangan iklan di TV tentu tidak dapat mengatur siapa yang dapat menonton iklan tersebut atau random. Sedangkan pada YouTube, pengiklan dapat mempersempit bahkan mengatur siapa yang dapat menonton iklannya. Sehingga pengiklan dapat mengatur jangkauan pasarnya.

Baca Juga : Bisnis Mobil Bekas Merambah Ke Digital

Kesimpulan

Pada era digital seperti sekarang, beriklan di YouTube menjadi lebih efisien dibandingkan dengan TV mengingat berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh platform tersebut. sehingga bagi pebisnis online dapat memaksimalkan promosi produk serta layanannya.

Dan beberapa waktu yang lalu, Google menyatakan bahwa salah satu saluran bisnisnya yakni YouTube lebih efektif untuk meyakinkan para konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Pada tahun 2013-2014 jumlah orang yang menghabiskan waktu untuk menonton video di internet terus meningkat.

Setiap bulannya, lebih dari 1 miliar orang menghabiskan waktu luangnya untuk menonton YouTube. Selain itu, penayangan YouTube paling banyak berasal dari handphone atau tablet.

Itulah kelebihan serta kekurangan dari YouTube dan TV. Bagi pebisnis offline maupun online tentu menginginkan iklannya tersampaikan dengan luas, tepat sasaran serta tidak boros akan pengeluaran. Jadi, Platform mana yang anda pilih untuk tujuan beriklan?

Salam Digitizer,