WhatsApp Business
Source : https://www.google.co.id/

WhatsApp Business, apa yang membedakan? – WhatsApp merilis Aplikasi Messenger dalam format dan fitur yang berbeda, dan dikhususkan untuk pelaku bisnis. WhatsApp Business, Aplikasi ini dibuat untuk para pelaku bisnis agar dapat lebih komunikatif dengan konsumen. Seperti yang dilansir pada halaman tekno.kompas.com, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang sudah bisa menggunakan WhatsApp Business pada platform Android bersama empat negara lain yaitu italia, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat. Lalu, apa yang membedakan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger yang biasa kita gunakan? Berikut ulasannya.

Perbedaan logo

WhatsApp Business
Source : https://www.google.co.id/

Logo yang digunakan pada WhatsApp Business berbeda dengan WhatsApp Messenger, pada logo WhatsApp Business menggunakan huruf kapital “B” dengan latar warna hijau khas WhatsApp. Tentunya berbeda dengan logo WhatsApp Messenger yang menggunakan gagang telepon dengan latar warna hijau yang sama.

Penggunaan nomor telepon atau kantor

Pada WhatsApp Business bisa menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor meskipun sah-sah saja menggunakan nomor seluler. Namun, WhatsApp menyarankan untuk hanya menggunakan satu nomor seluler yang permanen.

Aplikasi WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business dapat digunakan dalam satu perangkat, tetapi masing-masing aplikasi harus menggunakan nomor yang berbeda.

Membalas pesan secara otomatis

WhatsApp Business
Source : https://www.google.co.id/

Fitur pada aplikasi WhatsApp Business ini memungkinkan pelaku bisnis untuk mengatur balasan otomatis apabila mendapat pertanyaan yang sama dari pelanggan. Fitur ini tentu tidak kita temukan pada aplikasi WhatsApp Messenger yang sifatnya personal.

Melihat statistik pesan terkirim dan diterima

Pada WhatsApp Business pelaku bisnis dapat melihat statistik pesan terkirim dan pesan diterima.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Dengan Website

Memilih kategori bisnis

WhatsApp Business dapat menginformasikan profil perusahaan seperti jam operasional, situs resmi, dan alamat perusahaan. Selain itu pelaku bisnis juga dapat memilih jenis kategori bisnis yang akan ditampilkan pada informasi profil perusahaan.

Centang hijau

WhatsApp Business
Source : https://www.google.co.id/

Pada WhatsApp Business terdapat proses verifikasi yang harus dilakukan, tentunya berbeda dengan WhatsApp Messenger yang tidak ada proses verifikasi. Berbeda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram dan Twitter, akun WhatsApp Business yang telah terverifikasi akan diberikan centang berwarna hijau.

Bagi anda yang ingin menggunakannya silahkan mengunduh aplikasi ini pada Google Play Store. Dan itulah beberapa perbedaan dari WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger.

Salam digitizer,