Instagram berencana menambah jumlah peserta saat melakukan siaran langsung.  Sebelumnya, fitur Instagram Live hanya bisa dilakukan maksimal oleh dua pengguna secara bersamaan. Adam Mosseri, CEO Instagram, mengungkapkan bahwa memang ada pertimbangan untuk menambah jumlah pengguna saat melakukan siaran langsung.

“Saat ini Anda hanya dapat melakukan siaran langsung dengan satu orang lain pada satu waktu. Kami sedang melihat apakah kami dapat menambah (jumlah) tersebut,” ungkap Mosseri dalam sebuah sesi tanya jawab. Meski demikan, tak disebutkan lebih lanjut apa alasan di balik rencana menambah kapasitas jumlah peserta untuk Instagram Live.

Baca juga:Bantu Pelaku Bisnis, Instagram Luncurkan Stiker “Pesan Makanan”

Penggunaan Instagram Meningkat

Tren penggunaan media sosial terus meningkat di tengah pandemi COVID-19. Dikutip dari Katadata.co.id, penggunaan Instagram melonjak lebih dari 40%. Selain itu, laporan lain dari platform pemasaran Klear menunjukan bahwa postingan pengguna di Instagram Story per harinya meningkat 15% dalam sepekan. Jumlah pengguna yang melihat Story pengguna lainnya pun meningkat sebesar 21%.

Anjuran untuk tidak keluar rumah atau melakukan physical distancing membuat banyak pihak memanfaatkan berbagai fasilitas online untuk tetap beraktivitas dan terhubung, tak terkecuali melalui media sosial seperti Instagram. Ada banyak publik figur yang turut meramaikan, salah satunya dengan aktif melakukan Instagram Live. Tujuannya pun beragam, mulai dari berbagi informasi, berdiskusi, hingga menagadakan konser musik dari rumah. Tak sedikit pula yang melakukan live streaming untuk menggalang dana yang nantinya disalurkan kepada tenaga kesehatan atau pihak-pihak rentan yang membutuhkan.

Baca juga:5 Ide Tipe Unggahan Menarik di Instagram

Pembaruan Fitur Instagram

Merespons kondisi saat ini, Instagram juga telah melakukan beberapa pembaruan dan berencana untuk menambah fitur penting lainnya. Pada bulan April lalu, Instagram telah menghadirkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menonton Instagram Live di website melalui laptop atau PC. Pembaruan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang lebih aktif mengakses Instagram melalui website.

Dengan demikian, pengguna bisa langsung mengakses konten streaming yang secara otomatis diletakkan di urutan pertama pada dertetan Stories ketika membuka laman Instagram. Meski begitu, hingga saat ini konten Instagram Live perlu dibuat melalui smartphone. Komentar atau obrolan para penonton siaran akan terpisah dari tampilan Instagram Live sehingga tulisan tidak menutupi wajah penyiar.

Nah, buat Digitizer yang berminat untuk membuat konten dan seru-seruan dari rumah, bisa coba ikuti langkah-langkah melakukan Instagram Live berikut ini:

  • Usap layar ke kanan dari mana saja di Beranda.
  • Pilih Siaran Langsung di bagian bawah layar, lalu klik untuk merekam
  • Jumlah pemirsa muncul di bagian atas layar dan komentar muncul di bagian bawah.
  • Anda bisa menambahkan komentar dengan mengetuk Komentar di bagian bawah layar.
  • Ketuk komentar, lalu ketuk Sematkan Komentar untuk menyematkannya agar pemirsa bisa melihatnya dengan lebih mudah.
  • Setelah selesai, ketuk Selesai di kanan atas, lalu ketuk untuk mengonfirmasi. Selanjutnya, Anda bisa juga bisa menyimpan Live Instagram ke tol kamera atau membagikannya ke Stories. Selamat mencoba!