Preloved, Tren Bisnis Online Saling Menguntungkan
Sumber : stylebooktips.wordpress.com

Preloved, adalah salah satu konsep bisnis yang awam dikenal oleh masyarakat luas. Istilah preloved sendiri sebenarnya merujuk pada kata barang bekas. Namun, saat ini siapa sangka bahwa barang bekas tidak lagi dianggap sebagai barang yang tidak layak pakai apalagi untuk dijual. Karena, tren jual beli barang bekas telah merebak tidak hanya dikalangan ekonomi menengah dan kebawah namun, juga dikalangan menengah atas. Hal ini menjadi positif, karena tidak menghilangkan nilai barang itu sendiri.

Preloved Bisnis Jual Belis Saling Menguntungkan
Sumber : metrotvnews.com

Baca Juga : Bersih-Bersih Pakai Aplikasi

Jual beli barang bekas juga menjadi lahan bisnis yang cukup bagus. Bahkan marketplace yang semakin menjamur menyediakan platform sendiri untuk barang-barang preloved. Bisnis seperti ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja bergantung dari tipe barang apa yang dijual mulai dari pakaian, make-up, hingga alat elektronik. Di Indonesia sendiri, tren ini juga digandrungi oleh artis-artis papan atas yang ramai-ramai menjual barangnya. Melihat kondisi ini, maka wajar jika orang berbondong-bondong membeli barang branded milik para artis. Selain karena barang branded yang turun harga, tetapi juga gengsi yang tersirat dibaliknya. Sehingga, bisnis preloved ini dapat dikatakan saling menguntungkan kedua belah pihak. Barang dapat dibeli dengan harga miring dan tidak terbuang percuma dan bahkan mendatangkan penghasilan.

Preloved Bisnis Jual Beli Saling Menguntungkan
Sumber : mignon.com

Baca Juga : Akun Bisnis Instagram, Apa Keuntungannya?

Anda sendiri juga dapat melakukan bisnis ini loh. Jika anda memiliki barang-barang yang masih baik kondisinya dan kualitas yang layak jual, maka tidak ada salahnya anda mencoba. Penjual perorangan saat ini sangat dimudahkan dengan media sosial yang dapat diakses oleh siapapun. Atau mungkin anda ingin membuka bisnis yang lebih besar dengan menjadi wadah bagi orang lain yang ingin menjual barangnya. Salah satunya di Indonesia ialah Tinkerlust yang menjadi wadah jual beli barang preloved. Seller yang ada didalamnya didominasi oleh artis, influencer dan enterpreneur. Barang-barang yang dijual mulai dari local product hingga high end product. Atau banyak pula mereka yang membuka usaha lewat media instagram seperti @decafestuff dan @acollectivemarket

Tidak ada salahnya anda juga memulai bisnis ini loh. Beri rumah baru bagi barang anda!.

Baca Juga : Bisnis Kos-kosan Digital