Indonesia secara geografis merupakan sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Hal ini bisa terlihat dengan adanya garis Potensi Indonesia sebagai Negara Maritim. Melihat kekuatan-kekuatan laut tersebut jika diabaikan akan berakibat kerugian bagi suatu negara atau bahkan meruntuhkan negara itu sendiri.

Selaras dengan julukan Indonesia sebagai Negara Maritim pasar perikanan di Indonesia juga sangat menjanjikan hal ini yang membuat peluang emas untuk berinvestasi di sektor perikanan Indonesia.

Baca Juga : Investasi Kekinian bantu negara!

Guna memanfaatkan potensi pasar perikanan Indonesia, Pemerintah berupaya menjaring para investor domestik maupun asing dengam beragam intesif dan kemudahan yang diberikan bagi investasi untuk berorientasi ekspor dan menyerap tenaga kerja besar.

Berikut 6 Bisnis potensial investasi perikanan Indonesia dibuka bagi penanaman modal dalam negeri (PDMN) dan penanaman modal asing (PDA)

Baca Juga : Mari flashback ke path!

ada 4 kebijakan pendukung diberlakukan bagi investasi di kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Bidang usaha tertentu yakni :

1. intensif Pajak Penghasilan
Tax holiday atau pengurangan pph badan untuk investasi 1 Trilliun, Pengurabgan penghasilan neto 30% sedangkan untuk investasi 6 Tahun dikenakan sebesar 5% Pertahun, Penyusutan dan amoritas dipercepat, PPh atas dividen sebesar 10% bagi wajib pajak luar negeri, Kompensasi kerugian lebih lama antara 5 sampai 10 Tahun

2. Keringanan PPN
Bebas pungutan PPn bagi barang kena pajak

3. Fasilitas kepabean
Bebas bea masuk bagi impor mesin dan barang modal asing

4. Pangkas Birokrasi
Perizinan satu pintu lewat badan koordinasi penanaman modal (BKPM)

Melihat keuntungan investasi perikanan di Indonesia yanv menjanjikan ini menjadikan peluang bisnis digital bagi para pelaku Industri kreatif.

Salah satunya adalah Aplikasi investasi perikanan yang menghubungkan investor dengan para nelayan dan tengkulak ikan salah satunya :

Fisby (Aplikasi online investasi syariah yang menghubungkan nelayan dengan investor)
Growpal (Aplikasi online tambak ikan gurame,udang dan lobster spesifik ke investasi budidaya perikanan)
Infishta (Investasi perikanan berdasarkan kategori perikanan)

(illustration : pexels)

Berinvetasi itu ibarat menanam pohon jadi tidak akan ada kata menyesal saat melakukan investasi, Pilihlah investasi yang legal dan jelas jangan sampai terkecoh oleh investasi bodong yang kasusnya kian marak.

Salam Digitizer