Paid Promote dan endorsement
sumber : instagram.com/awkarin

Kalau Digitizer pengguna aktif media sosial Instagram, pasti tidak asing dengan istilah paid promote dan endorsement. Keduanya memang metode promosi yang biasanya digunakan oleh online shop dan marketplace.

PP dan endorse dilakukan dengan bekerja sama dengan para media influencer. Harga yang dipatok untuk melakukan PP dan endorse tergantung jumlah followers, like dan comment si Influencer. Semakin banyak followers dan engagementnya, biasanya akan semakin mahal. Lalu, mana yang lebih ‘nampol’?

Baca juga : Augmented Reality di Ikea Place, Coba Dulu Sebelum Beli

Salah satu kelebihan paid promote dibandingkan endorse adalah biayanya yang lebih terjangkau. Dengan menggunakan PP, penjual bisa mempromosikan barang dagangannya dengan jangkauan yang lebih luas. Di sini, penjual tetap harus mengirimkan materi promosi berupa foto atau video lengkap dengan copywritingnya. Pihak yang diendorse hanya akan mengunggah materi tersebut ke media sosialnya. Kelemahannya, biasanya konten PP akan dihapus dalam beberapa waktu.

Sedangkan endorsement sendiri bisa berbayar maupun tidak. Ketika penjual ingin melakukan endorsement, mereka harus mengirimkan produk dagangannya ke si influencer. Kelebihannya dari pada PP adalah konten akan disiapkan oleh pihak yang diendorse. Penjual juga bisa mendapatkan beberapa konten berupa foto atau video yang dapat digunakan untuk konten online shop. Selain itu, kehidupan selebritis yang terkesan glamor akan memberikan kesan bahwa produk tersebut berkelas.

baca juga : Peluang Menarik Bisnis Jasa Titip Beli

Pengguna media sosial saat ini semakin cerdas. Mereka bisa membedakan antara mana yang benar – benar rekomendasi jujur dari selebritis, mana yang promosi. Penjual harus menentukan target market dan mencocokkannya dengan image yang dimiliki influencer. Misalkan saja seorang influencer adalah perempuan berhijab yang anggun. Mungkin lebih tepat jika si influencer ini mempromosikan scraf, baju muslim, produk kecantikan atau lainnya.

Intinya, sebelum mempromosikan produk lewat selebritis, pastikan target market tepat dan sesuaikan juga dengan budged yang ada. Kalau Digitizer mending yang mana?