pahami algoritma instagram
Source : https://www.google.co.id/

Pahami Algoritma Instagram agar konten lebih terlihat – Pada tahun 2016 Instagram mulai mengubah urutan kronologis feednya dengan memilih menggunakan algoritma. Keputusan ini cukup memicu kontroversi bagi pengguna aktif Instagram, namun pengguna Instagram justru mampu melihat 90% unggahan temannya dibandingkan sebelum algoritma diperkenalkan, dan menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram. Tetapi, Instagram tidak pernah menjelaskan bagaimana cara kerja algoritmanya dalam menyusun feed penggunanya. Baru-baru ini Instagram menjelaskan bagaimana algoritmanya bekerja di depan wartawan.

pahami algoritma instagram
Source : https://www.google.co.id/

Seperti dikutip dari TechCrunch, ada tiga faktor yang mempengaruhi apa yang pengguna lihat pada feed Instagramnya. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi tampilan feed.

Baca Juga : Fitur Terbaru Instagram dalam Menunjang Bisnis Online

Interest

Instagram memperkirakan seberapa peduli pengguna terhadap sebuah post, dilihat dari respons pengguna terhadap konten serupa sebelumnya. Jadi, instagram akan menampilkan post sesuai dengan ketertarikan pengguna.

Recency

Seberapa baru post tersebut diunggah, maka post paling baru akan diprioritaskan tampil pada feed pengguna.

Relationship

Akun yang sering beriteraksi dengan pengguna akan mendapat ranking lebih tinggi, karena Instagram melihat seberapa dekat pengguna dengan akun mengunggah sebuah post. Tentunya bagi pelaku bisnis online harus membuat konten se-menarik mungkin agar mengundang like dan komentar dari pengikutnya.

Baca juga : Web Developer Pemula Wajib Tahu Ini!

Dari tiga faktor utama tersebut, terdapat tiga faktor tambahan :

Frequency

Seberapa sering pengguna membuka Instagram, maka posterbaik akan diperlihatkan sejak pengguna terakhir membuka Instagram.

Following

Pengguna akan melihat lebih sedikit post dari akun spesifik di feednya apabila pengguna mengikuti banyak akun.

Usage

Instagram akan menampilkan post yang lebih lama apabila pengguna menghabiskan waktu lebih lama di Instagram.

Instagram juga tidak menyembunyikan post di feed pengguna. Pengguna bisa melihat semua post dari semua akun yang diikuti jika pengguna terus menggulir ke bawah.

Jadi, untuk pelaku bisnis online pastikan konten anda dapat menarik like dan komentar dari pengikut sehingga meningkatkan rating dan popularitas dari post anda. Sehingga post anda dapat muncul pada pengguna yang memiliki minat terkait dengan postingan anda.

Baca Juga : Artikel Internet Marketing UKM Indonesia

Salam digitizer,