SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk menggunakan web master (website) untuk menempatkan website pada posisi halaman yang paling mudah di temukan para pencari informasi yang menggunakan kata kunci / keyword yang sesuai dengan isi website secara organik.

Baca juga: Bagaimana Konten Produk yang Berkualitas?

Yang dimaksud dengan organik adalah “membuat sebuah website dengan memenuhi kriteria yang baik yang kemudian akan di tempatkan dihalaman yang paling baik”.

Ada puluhan hal-hal yang harus benar-benar diperhatikan dan di jalankan yang biasa dikenal dengan istilah optimasi on page dan ditambah dengan off page serta hal-hal lain yang harus dihindari seperti Spamming, cloacking, otomatis dll. Optimasi Website SEO organik pasti membutuhkan waktu untuk bisa sukses (muncul di halaman pertama). Waktu untuk muncul di halaman utama sangat relatif sekali tergantung pada jumlah dan kualitas persaingan dari kata kunci yang digunakan.

Baca juga: Mengapa Harus Mengembangkan Website?

Fungsi

Fungsinya adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Logikanya website yang sangat baik pasti akan mendapatkan banyak jumlah pengunjung dan manfaat lainnya dari itu adalah website yang bisa mendatangkan banyak jumlah pengunjung mampu menghasilkan keuntungan jika website ini memang ditujukan untuk menjual produk, mengiklankan, membuat sumbangan atau apa pun yang pada dasarnya memberikan keuntungan kepada pemilik website.

Keuntungan
  • Banyaknya traffic pengunjung. Jika situs web Anda berhasil berada di urutan pertama, atau setidaknya halaman pertama dari halaman mesin pencari, website Anda mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan banyak lalu lintas pengunjung.
  • Biaya yang minimal. Namun masih perlu kerja dan waktu yang adil. Oleh karena itu saya mengatakan bahwa SEO tidak gratis!
  • Mudah dipantau. Dapat dipantau dan mengecek hasil optimasinya melalui berbagai cara.
  • Banyaknya software pendukung. Ada banyak software pendukung untuk memaksimalkan SEO yang Anda lakukan.
  • Cepat terkenal. Semakin sering situs web Anda di bagian atas mesin pencari, semakin banyak orang yang tahu web Anda.
  • Berpeluang membuka jasa SEO. Jika Anda berhasil menerapkan SEO di situs web, Anda dapat membuka jasa pengerjaan SEO.
  • Tidak harus Anda sendiri. Untuk melakukan SEO, Anda sendiri tidak perlu melakukannya. Anda dapat mencari orang atau menggunakan jasa untuk mengerjakannya pada web Anda.

Baca juga: Perbedaan Web Design dan Web Development

Kekurangan
  • Memakan waktu yang lama. Jika Anda melakukannya sendiri, jelas membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Karena ia perlu dijalankan dan dimonitor setiap hari.
  • Tergantung pada mesin pencari. Mengandalkan SEO berarti menjadi ketergantungan terhadap pengembangan mesin pencari situs web. Jika posisi situs web Anda mengalami “gempa bumi” alias tidak stabil di search engine, akan menyebabkan pendapatan Anda pun menjadi menurun.
  • Banyaknya hal-hal teknis. Jika Anda melakukannya sendiri, Anda perlu belajar banyak hal-hal teknis jika ingin berhasil.
  • Ikuti perkembangan. Algoritma mesin pencari terus berubah. Anda harus mengikuti perkembangannya. Termasuk aturan juga.
  • Persaingan sangat tinggi. Karena semua web kompetisinya melakukan SEO, maka persaingan pun menjadi ikut tinggi.

Nah, setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh SEO, Anda dapat menyimpulkan keuntungan apa yang Anda dapat ketika Anda menggunakannya.

Salam Digitizer,