Google My Business

Pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap ekonomi global dan kelangsungan bisnis. Di tengah krisis seperti sekarang, tidak sedikit usaha atau bisnis yang memilih untuk mengubah jam operasional mereka, bahkan hingga tutup sementara sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Inilah mengapa memperbarui Google My Business sebagai bagian dari strategi digital marketing itu penting. Sebelum menghubungi atau mengunjungi Anda, pelanggan perlu tahu apakah Anda masih melakukan operasional seperti biasa atau bahkan tutup sementara.

Mengubah jam operasional

Apabila bisnis kamu mengalami perubahan jam operasional, cukup memperbarui profil Google Bisnisku dengan cara di bawah ini:

  • Masuk ke Google Bisnisku. Jika kamu memiliki beberapa lokasi, buka lokasi yang ingin dikelola.
  • Klik Info dari menu.
  • Di samping “Tambahkan jam” atau jam buka kamu saat ini, klik Jam buka .
  • Aktifkan setiap hari dalam seminggu saat bisnis kamu buka.
  • Di samping setiap hari dalam seminggu saat bisnis kamu buka, klik Buka jam, lalu pilih jam buka.
  • Di samping setiap hari dalam seminggu saat bisnis kamu buka, klik Tutup jam, lalu pilih jam tutup.
  • Setelah selesai menetapkan jam buka, klik Terapkan.

Baca juga: 6 Manfaat Gunakan Google My Business

Menandai tutup sementara

Apabila bisnis kamu tutup untuk sementara waktu, tandai dengan “Tutup sementara” di Google dengan cara:

  • Di komputer, masuk ke Google Bisnisku.
  • Di menu sebelah kiri, klik Info.
  • Di sebelah kanan, arahkan ke bagian “Tutup bisnis in di Google”. *Untuk meluaskan bagian ini, kamu mungkin perlu mengklik tanda panahnya*.
  • Klik Tandai sebagai tutup sementara.

Bila kamu memiliki beberapa profil, pilih profil yang ingin diubah, lalu ikuti langkah 2 dan 3 di atas untuk menandai bisnis Anda sebagai tutup sementara.

Setelah mengubah informasi profil

Jika Anda mmengubah informasi bisnis menjadi tutup sementara, maka akan ada spanduk merah yang akan menunjukkan bisnis tersebut tutup sementara. Kemunkinan besar, bisnis Anda tidak akan muncul di hasil pencarian sesering sebelumnya atau bahkan tidak muncu sama sekali. Google telah mencatat ini dalam dialog peringatan sebelum mengonfirmasi bisnis Anda sementara ditutup.

Baca juga: Google Adwords, Google Adsense & Google Admob. Apa yang Perbedaannya?

Beri informasi penting kepada pelanggan

Komunikasi terbuka penting di saat seperti ini. Selain untuk memberi informasi yang tepat dan akurat, hal ini juga untuk menjaga interaksi yang baik dengan mereka. Di tengah pandemi COVID-19 ini, sebaiknya Anda perlu memperhatikan dan mengelola informasi sesuai dengan kondisi yang ada. Apakah jam operasional tetap sama atau mengubahnya, bahkan ketika Anda memilih untuk menutup bisnis sementara. Anda juga bisa mengunggah konten tambahan untuk menjelaskan mengapa keputusan tersebut diambil, misalnya untuk keamanan pekerja dan pelanggan sendiri.

Nah, sekarang Digitizer bisa mengecek ulang apakah Google My Business milikmu sudah diperbarui atau belum. Jika belum, perhatikan langkah-langkah untuk memperbauinya agar pelanggan mendapatkan informasi yang tepat.