Google My Business

Dalam menerapkan strategi pemasaran digital, penting untuk mengetahui media apa saja yang bisa digunakan agar kegiatan pengembangan dan promosi berjalan maksimal. Google menyediakan fasilitas bagi pelaku bisnis, yakni Google My Business yang berguna untuk membantu mengelola visibilitas maupun profil online bisnis di Maps (Google Maps) dan Penelusuran (Google Search). Nah, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa Digitizer dapatkan dari fasilitas satu ini? Yuk, simak berikut ini.

Manfaat Google My Business

Dipromosikan oleh Google

Dengan mendaftarkan bisnis Anda melalui Google My Business, maka bisnis akan secara otomatis terdaftar di Google Maps yang bisa dilihat oleh pengguna Google secara global. Ini akan memudahkan siapa pun untuk menemukan lokasi bisnis Anda. Google juga akan membantu bisnis yang sudah terdaftar untuk muncul terlebih dahulu dalam pencarian (Google Search), biasanya tampil dalam kotak dengan 3 informasi bisnis lokal.

Baca juga: Mendaftar Google Bisnisku, Berikut Panduannya

Mendapatkan review bisnis

Review adalah salah satu cara efektif untuk mendapatkan kepercayaan dari audiens yang melihat informasi bisnis Anda dalam pencarian (Google Search). Dengan Google My Business, Anda bisa mendapatkan review untuk meningkatkan reputasi. Semakin baik ulasan, maka semakin baik pula hal tersebut untuk kelangsungan bisnis karena orang di internet akan lebih mudah menemukan lokasi bisnis Anda.

Jangkauan lebih luas

Dengan Google My Business, lokasi dan informasi bisnis Anda akan tercantum secara resmi di Google Maps dan penelusuran (Google Search). Selain akan memudahkan audiens menemukan lokasi bsnis Anda, Google My Business yang dioptimalkan dan diverifikasi juga bisa digunakan untuk menambah perluasan lokasi iklan Anda. Perluasan lokasi ini akan menampilkan informasi bisnis seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang dapat membantu audiens berinteraksi dan terhubung dengan layanan Anda.

Mengelola informasi bisnis

Anda bisa mengelola informasi bisnis yang detail, seperti Jam operasional, petunjuk arah (direction), alamat website, photo, tombol telpon, deskripsi bisnis, posting update promo, event dan produk melalui Google My Business. Karena informasi yang tepat itu penting, Google my Business perlu diupdate berkala agar tidak mengecewakan pelanggan.

Mendapatkan Insight

Insight akan menampilkan informasi asal kunjungan, jumlah kunjungan, tindakan yang dilakukan oleh konsumen (berkunjung ke website/minta petunjuk arah/telpon). Dengan mengetahui data tersebut, Anda bisa mengatur strategi kampanye yang terbaik untuk pengembangan bisnis ke depannya.

Baca juga: Google Primer, Aplikasi Strategi Pemasaran

Gratis

Sampai saat ini, Google My Business bisa diakses gratis . Anda cukup menggunakan satu akun gmail untuk mendaftar. Selanjutnya, pihak Google akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan PIN melalui postcard untuk memastikan alamat bisnis Anda benar. Ketika proses verifikasi selesai, Anda bisa mengelola dan menampilan profil bisnis dengan semua fitur di dalamnya gratis.