youtube marketing

YouTube marketing adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan YouTube sebagai platformnya. Cara ini dapat berpotensi efektif mengingat pengguna YouTube yang luas dan terus meningkat di Indonesia. We Are Social menyebutkan 150 juta penduduk di Indonesia aktif menggunakan media sosial dan YouTube menjadi yang paling banyak diakses, yakni sebesar 88 persen pada 2019. Tidak hanya itu, konten video sebagai suguhan utama YouTube juga disukai dan diminati oleh banyak kalangan.

Penggunaan YouTube sebagai media mempromosikan brand ataupun produk perlu dipertimbangkan secara serius. Disebut sebagai mesin pencari kedua setelah Google, YouTube akan bermanfaat bagi kemunculan brand atau produk dalam pencarian. YouTube bisa membantu meningkatkan SEO (Search  Engine Optimization). Lalu bagaimana cara memaksimalkan YouTube marketing? Berikut panduannya.

Baca juga: Kenali Content Marketing dan 5 Tipenya

Judul

Judul harus membuat kata kunci yang tepat dan relevan sehingga mudah ditemukan ketika dicari. Pada bagian ini, Anda bisa melakukan riset terkait kata kunci apa saya yang biasanya dicari sebelum memutuskan judul. Karena judul adalah bagian pertama yang akan dilihat dan dibaca, pastikan judul dibuat menarik sehingga audiens mau meng-klik. Hindari penggunaan judul yang menipu audiens. Hal tersebut dapat menurunkan kepercayaan audiens terhadap konten-konten Anda berikutnya.

Deskripsi

Deskripsi adalah bagian di mana Anda bisa menulis lebih detail terkait brand, baik untuk menjelaskan konten ataupun produk. Dikutip dari Hub Spot, YouTube hanya menampilkan dua hingga tiga baris pertama (sekitar 100 karakter) dari deskripsi video. Layaknya caption di instagram, bagian awal ini harus dibuat menarik untuk sehingga audiens mau membaca lebih lanjut. Informasi ataupun call to action di kolom deskripsi sebaiknya dikemas detail namun tetap mudah dipahami.

Tag

Kata kunci yang relevan akan memudahkan audiens untuk menemukan video Anda di YouTube. Tag khusus maupun umum perlu dipadukan agar selain dapat membedakan Anda dengan kompetitor, jangkauan pun jadi lebih luas. Pemilihan keyword sebaiknya berdasarkan riset  terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan brand Anda. Tag yang baik akan mepertemukan video Anda dengan video-video lain yang serupa sehingga jangkauan menjadi lebih luas.

Baca juga: 5 Cara Manfaatkan SEO Instagram untuk Maksimalkan Pemasaran

Thumbnail

Selain judul, thumnail juga akan menjadi yang pertama dilihat oleh audiens. Thumnail adalah gambar yang Anda gunakan untuk mewakilkan isi video. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian audiens sehingga mereka penasaran dan akhirnya meng-klik. Dalam pembuatannya, pastikan gambar Anda  memiliki kualitas yang bagu dan sudah menggunakan rasio gambar yang tepat.

Sebagai pebisnis online, penting untuk mengetahui dan mencoba beragam strategi pemasaran untuk nantinya dievaluasi. Menemukan strategi yang tepat memang tidak mudah, perlu percobaan berulang hingga akhirnya berhasil menemukan yang cocok. Jadi, tidak ada salahnya jika Digitizer mulai mencoba YouTube Marketing.