Content marketing

Content marketing adalah bagian dari startegi pemasaran digital dalam membuat dan menyebarluaskan konten. Konten tersebut haruslah sesuai dengan brand, relevan, serta konsisten. Metode ini dinilai efektif untuk menaikkan brand awareness hingga membangun loyalitas konsumen terhadap brand.

Content marketing juga akan memudahkan konsumen atau calon konsumen untuk mengakses informasi yang benar terkait brand. Tidak fokus pada konten jualan saja, Anda juga bisa melakukan soft selling dengan konten yang menginspirasi, mengedukasi, atau bahkan menghibur. Kuncinya adalah konten memiliki nilai yang berharga sehingga audiens mau meluangkan waktunya untuk mencari tahu atau mengonsumsi konten tersebut.

Baca juga: Content Marketing, Mengapa Menjadi Hal Penting Dalam Online Shop?

Tipe Content Marketing

Foto dan Video

Anda bisa mengunggah foto ataupun video yang dapat menarik perhatian audiens di media sosial. Di Instagram misalnya, Anda bisa memanfaatkan fitur carousel atau slideshow foto untuk memperkaya format konten. Begitu pun dengan IGTV jika Anda ingin mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang. YouTube juga sering digunakan para marketer sebagai media content marketing. Alasannya adalah karena YouTube mudah diakses serta memiliki pengguna yang banyak. Konten visual yang unik dan menarik akan lebih mudah dinikmati.

Infografik

Infografik adalah konten yang memudahkan pembaca menelaah isi pesan karena formatnya yang to the point, serta dilengkapi dengan sajian visual yang menarik mata. Dengan format ini, Anda bisa meraih perhatian audiens yang menyukai konten sederhana, cepat dipahami, dan tidak bertele-tele. Visual infografik pun biasanya tidak berlebihan sehingga pesan semakin jelas.

Podcast

Pendengar podcast di Indonesia memgalami kenaikan signifikan. Menurut salah satu platform streaming audio, Spotify, 20 persen penggunanya di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulannya. Jumlah jam yang digunakan untuk mendengar podcast pun naik sepuluh kali lipat dalam setahun terakhir. Data tersebut menunjukkan bahwa podcast bisa menjadi content marketing yang juga berpotensi efektif. Konten berupa audio ini bisa beragam sesuai dengan kebutuhan brand.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Social Media Marketing

Website atau blog

Dalam content marketing, Anda bisa membuat artikel yang informatif dan menarik di website atau blog. Optimasi SEO juga akan memperlancar kegiatan pemasaran digital satu ini sehingga berpeluang efektif untuk menyasar target audiens. Strategi SEO yang tepat membuat brand mudah ditemukan ketika dicari dan akan mengundang banyak traffic ke website atau blog. 

Email

Email digunakan oleh banyak orang dan disebut sebagai media yang tak kalah efektif untuk menarik perhatian target audiens ataupun para konsumen loyal. Dengan content marketing melalui email yang biasanya dikirim rutin, brand
jadi bisa membangun hubungan yang baik dengan target audiens. Dalam jangka panjang, ini juga akan berpengaruh pada loyalitas mereka.