akhir tahun

Akhir tahun merupakan momen di mana perayaan masif diperingati. Ada perayaan Natal dan Tahun Baru yang menjadi hari besar. Banyak pelajar yang libur panjang akhir semester dan para pegawai yang mengambil cuti libur.

Berdasarkan survei dari We Are Social, orang Indonesia menghabiskan waktu 8 jam 51 menit setiap harinya untuk mengakses internet. Dengan begitu, kebutuhan akan layanan internet semakin tinggi saat ini. Terlebih di akhir tahun, di mana banyak orang menghabiskan waktu libur.

Baca Juga : Kaledioskop Strategi Digital Marketing 2018

Di musim liburan akhir tahun telah terjadi lonjakan trafik yang signifikan di jaringan 3 yang dikontribusi oleh tingginya penggunaan layanan data pada online games, video streaming, aplikasi navigasi, transportasi dan belanja online.

Yang menarik ada pada aktivitas online games3 Indonesia menyatakan bahwa lebih dari 1 juta pelanggan memainkan online games selama musim liburan akhir tahun dan telah memicu kenaikan trafik hingga 90%. Selain itu, anak muda Indonesia juga menikmati liburan dengan melakukan perjalanan darat dan memanfaatkan aplikasi navigasi sebagai pemandu perjalanan mereka.

Trafik penggunaan aplikasi navigasi ini melonjak hingga 85%, menunjukkan perilaku siginifikan pelanggan 3 yang menyukai perjalanan. Selama melakukan perjalanan darat, pelanggan 3 juga menikmati lancarnya video streaming menggunakan ponsel mereka. Trafik video streaming juga mengalami peningkatan hingga 40% dibandingkan hari biasa.

Baca Juga : Creative Market Art and Culture: Ladang Penghasilan bagi para Tenant

Menurut Desmond Cheung, Chief Technology Officer of 3 Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman berinternet yang terbaik bagi pelanggan 3. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi selama musim liburan ini, 3 Indonesia telah memperluas jaringan dengan lebih dari 7.000 BTS. Teknologi 4.5G, 4G LTE dan fiber optic berjaringan nasional disediakan.

Jaringan diperkuat oleh teknologi 4.5G di 171 kota dan 4G di 281 kota. Tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok. Sejumlah mobile BTS telah dikerahkan di titik-titik tujuan wisata. Pusat keramaian, terutama rute perjalanan darat antar kota di Pulau Jawa untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan telekomunikasi.

3 Indonesia juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data 3 tidak terpusat.  Dengan diberlakukannya sistem ini akan memudahkan bagi 3 untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet, meningkatkan kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Sehingga  pelanggan 3 dapat mengakses layanan data dengan speed yang lebih cepat.

Baca Juga : LINE Indonesia Hadirkan Fitur Baru! LINE Today Buzz!

Sebagai penyedia layanan, 3 Indonesia berusaha maksimal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan setianya. Penambahan BTS dengan teknologi 4.5G, 4G LTE serta fiber optic diharapkan bisa mendukung kenyamanan pelanggan 3. Menikmati libur akhir tahun mereka bersama layanan 3 Indonesia.  Memahami pelanggan untuk meningkatkan kualitas layanan perlu dilakukan secara kontinyu.