Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa konsep 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why and How) biasanya digunakan dalam bidang jurnalistik sehingga menghasilkan berita yang valid, subjektif dan informatif. Namun ternyata konsep yang diperkenalkan oleh orator Yunani kuno Hermagoras dari Temnos ini juga bisa diterapkan sebagai panduan social media marketing yang akan kita terapkan di bisnis online kita. Lalu apa yang membuat konsep 5W+1H ini menjadi penting?

  1. What
Follow @Studiostar7
Follow @Watinsofiyah

What kind of business? Pertanyaan seperti ini biasanya muncul ketika Anda akan memulai sebuah bisnis. Hal mendasar yang biasanya menjadi pertanyaan adalah apa yang akan dijual? Sebagai seorang calon penjual Anda wajib memikirkan produk seperti apa yang akan dijual, bagaimana peluang bisnisnya, dan bagaimana minat konsumen terhadap produk yang akan dijual. Dalam dunia bisnis, Anda perlu memikirkan jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan, pengetahuan, dan minat Anda. Bisnis yang dimulai dari hobi dan minat diprediksi akan bertahan lebih lama, loh. Meski memang bukan sebuah keharusan memulai sebuah bisnis berdasarkan hobi namun hal ini juga menentukan kinerja Anda dalam mengelola bisnis tersebut.

  1. Who

Siapa yang melakukan social media marketing? Pada dasarnya semua orang di dalam perusahaan produk tersebut ikut melakukan social media marketing. Dari mulai publik figur yang dikontrak untuk memasarkan produk perusahaan, karyawan, social media manager, bahkan hingga jajaran direksi juga harus melakukan social media marketing. Hal ini penting karena publik figur dan jajaran direksi yang memiliki peranan penting di kalangan masing-masing akan mengundang rasa ingin tahu masyarakat tentang produk tersebut.

  1. When

Setelah jenis bisnis seperti apa dan siapa yang melakukan social media marketing, sekarang timbul pertanyaan kapan sebaiknya social media marketing dilakukan? Waktu juga menjadi salah satu faktor berlipat gandanya traffic website Anda, oleh karena itu ada baiknya Anda juga memperhatikan waktu saat menggunakan social media marketing.

Setelah Anda selesai menerbitkan marketing content untuk produk Anda, maka segera terbitkan itu di seluruh sosial media yang ada. Esoknya, jangan takut untuk kembali melakukan promosi karena mungkin banyak orang yang baru melihat promosi Anda hari ini. Bahkan tidak masalah jika Anda kembali melakukan promosi minggu depan atau bahkan promosi beruntun. Selalu percaya bahwa banyak orang yang mungkin belum melihat promosi yang Anda bagikan dan hal ini juga terbukti dapat menaikkan traffic website Anda.

  1. Where

Selanjutnya di mana Anda harus mempromosikan produk Anda? Anda bisa melakukan social media marketing di akun sosial media yang Anda miliki, seperti instagram, twitter, facebook, dll. Agar  lebih profesional Anda bisa membuat website toko online dan mencantumkan link website di bio media sosial yang Anda miliki.

  1. Why

Platform-Sosial-Teraktif-Di-IndonesiaKenapa social media marketing? Dari data ini bisa terlihat platform social mana saja yang sangat aktif di Indonesia. Dengan pendekatan social media yang tepat kita bisa menyasar target market yang tepat pula. Dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang cukup besar, saya rasa penerapan Social Media Marketing dalam proses promosi sangat dibutuhkan.

  1. How

Terakhir, bagaimana melakukan social media marketing? Setelah lima poin di atas, sudah saatnya Anda mulai merealisasikan bisnis online Anda. Anda bisa melakukan action plan yang sesuai dengan bisnis Anda untuk memudahkan dalam merealisasikan bisnis online Anda. mulailah dengan yang paling biasa Anda gunakan, saran saya sich gunakan platform Facebook Page, karena disamping pengguna facebook yang cukup besar, platform facebook page terpisah dari akun pribadi yang Anda miliki.

Itulah Panduan Social Media Marketing yang bisa diaplikasikan di bisnis online kalian. Jika sudah mahir, selain material promo berupa image dan text bisa juga diselipin material video. Namun jika hal ini terasa menyulitkan, bisa kontak team Infodigimarket.com untuk membantu usaha Anda.

Salam digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here