Membangun Toko Online – Semangat pagi kawan, udah masuk lagi ya yang lagi pada kerja. Eh yang punya toko online gak ada liburnya ya ? Karena setiap saat kita harus mengoptimalkan kerja dari Toko Online kita. Setiap saat bukan berarti setiap jam dalam 24 jam yang kita miliki. Karena semuanya bisa direncanakan dan enaknya lagi bisa diatur jadwalnya secara otomatis.

Nah, ada yang punya Toko Online gak nich ? atau masih bercita cita pengen punya toko online ? udah berapa lama cita citanya dipendam dan sampai sekarang belum diaplikasikan ? . Jangan takut untuk memulai ya, kalau bingung memulai dari mana, berikut ini saya berikan sedikit referensi untuk memulai usaha Toko Online.

1. Barang atau Jasa yang dijual

Langkah awal yang harus kita siapkan tentunya barang atau jasa yang mau dijual. Untuk hal ini kita tidak harus produksi sendiri, karena bisa bekerja sama dengan orang lain yang memiliki produk atau jasanya untuk kita bantu tawarkan ke calon pelanggan. Misal saja dengan bekerja saja dengan para UKM, kan lagi banyak tuh bermunculan UKM UKM creative dengan produk produk yang sangat menarik.

2. Etalase Online

Nah setelah kita punya barang atau jasanya, kita butuh etalase untuk mendisplay barang dagangan kita. Berhubung kita di ranah online, maka etalasenya juga harus online. Bisa berupa menggunakan web statis atau juga menggunakan platform e-commerce. Ada platform yang gratis ada juga yang berbayar. Saran saya untuk menambah kredibilitas di mata pelanggan jangan pakai yang gratisan.

toko online
Promo Social Media Studiostar7.net

3. Team Marketing

Diawal, untuk hal in kalian bisa melakukan sendiri. Pahami banget detail spesifikasi barang atau jasa yang kalian akan jual, karena saat pelanggan tertarik untuk membeli mungkin akan menanyakan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Karena itu carilah barang atau jasa yang Anda sangat menguasai produk. Kelak saat bisnisnya mulai tumbuh dan berkembang mulailah untuk menambah team Anda. Karena team marketing adalah sumber dari omset anda nantinya.

4. Channel Komunikasi

Siapkan channel komunikasi yang bisa digunakan untuk membangun komunikasi dengan calon pelanggan, Platformnya bisa menggunakan Social Media dan Chat Messeger App.

5. Informasi Payment

Siapkan data informasi payment. Bukalah beberapa rekening yang bertujuan untuk memudahkan proses pembayaran.

Nah, gimana sudah mulai terbuka ya, semoga bisa menginspirasi untuk memulai membuka Toko Online ya.

Salam Digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.