konten youtube

Youtube adalah salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk menaikkan brand awareness. Di era serba digital seperti sekarang, menghubungkan dan memaksimalkan berbagai media sosial memang penting. Di Indonesia, Youtube menjadi media sosial yang terbilang sukses merebut hati masyarakat. Survei We Are Social menyebutkan 150 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial dan Youtube menjadi platform yang paling srring diakses yaitu 88 persen dari total pengguna medsos pada 2019. Di tahun yang sama, platform ini mencatat jumlah penonton bulanan terdaftarnya menembus 2 miliar.

Medium yang tepat akan sangat mendukung keberhasilan sebuah campaign marketing. Terlebih jika Anda sudah mengenal siapa audiens Anda dan apa kesukaan mereka. Jika audiens menyukai video, Youtube kerap direkomendasikan sebagai saluran utama untuk distribusi konten. Dikutip dari wyzowl.com, 87 persen dari keseluruhan marketers yang menayangkan video di YouTube, 90 persen di antaranya menyatakan bahwa strategi ini efektif. Nah, berikut ide-ide konten yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kesadaran merek.

Baca juga: Cara Mudah Maksimalkan YouTube Marketing

Explainer Video

Konten penjelasan singkat mengenai produk Anda akan sangat informatif untuk audiens. Seperti namanya, konten ini berisi tentang apa yang Anda jual. Misalnya, komposisi atau spesifikasi produk, manfaat apa yang didapatkan jika memiliki produk tersebut, keunggulan produk yang membedakannya dari produk lain. Video ini memiliki pesan yang padat dengan fokus pada memecahkan masalah yang dihadapi oleh audiens. Durasinya juga tidak terlalu lama, sehingga harus memiliki pembuka yang tepat untuk menarik perhatian audiens.

Tutorial

Tutorial adalah konten yang tidak kalah bermanfaat bagi audiens sehingga bisa membuat mereka lebih terhubung dengan brand Anda. Video tutorial biasanya berisi cara-cara atau tahapan menggunakan produk. Misalnya, pada produk skincare, Anda bisa membuat video tahapan rangkaian pemakaiannya dan bagaimana mengaplikasinnya sehingga hasilnya bisa maksimal.

Testimonial

Testimonial adalah konten yang bisa menarik minat konsumen yang potensial, serta meningkatkan loyalitas konsumen lama. Pada konten ini, Anda bisa menggunakan influencer untuk melakukan review product. Namun, Anda juga bisa memasukkan testimonial dari konsumen lain yang memang betul-betul merasakan manfaat dari produk Anda.

Baca juga: Kenali Content Marketing dan 5 Tipenya

Challenge

Challenge bisa jadi konten yang menarik agar audiens tertarik dengan produk Anda. Penggunaan atau penyebutan produk di dalam video akan menaikkan brand awareness. Terlebih jika video Anda berhasil viral dan ditonton oleh banyak orang. Selain itu, jenis konten seperti ini juga bisa membantu Anda untuk berinteraksi langsung dengan audiens. Anda bisa menantang audiens untuk melakukan challenge yang sama dan efek berantai dari tantangan Anda akan berjalan dengan sendirinya.  

Mini Web Series

Konten video tidak harus menyertakan produk atau layanan secara gamblang. Metode soft selling dalam pembuatan konten juga bisa Anda terapkan, yakni dengan membuat mini web series. Kisah yang menarik secara visual maupun emosional akan disambut hangat oleh penonton. Apalagi jika alur cerita yang disajikan relatable. Video semacam itu akan mudah disebarluaskan dan mudah diingat sehingga brand awareness juga akan meningkat.