Tahun 2018 sudah mencapai pertengahannya, sudahkah anda melakukan pemasaran yang sesuai dengan trend tahun ini? Pemasaran adalah hal yang sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Berikut adalah 7 trend digital marketing yang harus diperhatikan.

 

  • Video marketing

Strategi pemasaran ini mengandalkan perpaduan visual dan audio dalam sebuah konten. Menurut pemantauan sejak tahun 2015, angka traffic video marketing  melonjak sampai 11% di tahun 2017. Pada tahun 2020 diperkirakan angka tersebut akan mencapai 80%! Jadi, video marketing sangatlah penting daripada hanya sebuah tulisan.

  • Chatbots merupakan sebuah trend digital marketing tahun ini!

Penggunaan chatbots bukanlah hal yang tabu dilakukan tahun ini. Chatbots merupakan sebuah program komputer yang diatur untuk membalas pesan audio maupun visual secara otomatis. Keterbatasan manusia dalam menjawab seluruh pertanyaan pelanggan menjadi asal-usul munculnya teknologi pesan robot ini.  Daripada harus mengecewakan pelanggan dengan menunggu balasan mereka, chatbots akan memberi solusi bagi para pebisnis.

  • Storytelling

Merangkai sebuah cerita dari sebuah brand adalah salah satu trend yang sedang berkembang. Cerita berdampak cukup baik bagi psikologis konsumen. Mereka akan merasa ikut terjun dalam perintisan sebuah produk dan mengerti seluk beluknya.

Pergeseran era tradisional ke era digital menjadi tantangan bagi pelaku bisnis. Sudah saatnya untuk mengiklankan produk-produk melalui internet, salah satunya dengan menggunakan jejaring pertemanan. Sayangnya, dengan banyaknya persaingan iklan di media sosial menyebabkan naiknya biaya periklanan. Pebisnis harus menentukan pilihan apakah ingin menambah anggarannya atau berpindah saluran sosial media.

  • Pertumbuhan jalur percepatan

Perkembangan bisnis yang cepat adalah target seluruh perusahaan. Tidak heran, segala hal akan dicoba untuk meraih top rank dalam dunia bisnis. Mengeksploarsi SEO dan video marketing akan menjadi tonggak percepatan bisnis di tahun ini.

  • Konten review pengguna juga penting!

Sama seperti teori pemasaran mulut ke mulut, review sesamea pengguna berdampak besar bagi calon pembeli. Faktanya, 66% calon pembeli lebih memercayai konten review daripada iklan ataupun endorsement. Sudah saatnya pengelola bisnis mulai membuat “rumah” khusus untuk mengumpulkan hasil pengamatan pengguna produk.

  • Creative content

Calon pembeli akan merasa bosan dengan postingan produk yang itu-itu saja. Sudah saatnya menghadirkan sesuatu yang baru, seperti polling, kuis, Q&A dalam strategi pemasaran.

Trend digital marketing diatas sudah saatnya diterapkan untuk meningkatkan pemasaran sebuah produk. Perhatikan setiap trend dan coba satukan dengan brand bisnis anda, maka akan muncul strategi pemasaran yang tepat. Beralihlah dari dunia konvensional ke dunia digital yang segar dan selalu memunculkan ide-ide baru.

Baca juga: kriteria konten produk berkualitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.