Dunia Online – Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan salah satu rekan yang bekerja di bidang konsultan manajemen. Sudah lama beliau menggeluti profesi tersebut, dan mempunyai banyak klien yang menggunakan jasanya untuk proses rekruitmen pegawai. Mulai dari seleksi administrasi, psikotes, hingga interview calon karyawan. Dari perbincangan singkat tersebut saya mendapat ilmu baru mengenai tips melamar lowongan kerja di website yang bisa saya share di sini. Baca juga : Pertimbangkan 6 Kriteria Perusahaan Idaman Ketika Melamar Kerja

Seperti kita ketahui bersama, melamar pekerjaan itu gampang-gampang susah.Terutama untuk perusahaan-perusahaan besar dan bonafid. Bukan hanya persaingannya yang tinggi, tapi juga harus melalui tahapan-tahapan tes yang melelahkan. Standar yang ditetapkan pun juga tinggi. Untuk mempersingkat waktu dan menjaring banyak pelamar, beberapa perusahaan seringkali membuat lowongan kerja di website online untuk seleksi awal atau sering disebut Tahap Administrasi. Bagi pelamar kerja diwajibkan mengisi pendafataran di aplikasi online tersebut.

Untuk pengisian website tersebut umumnya dibuat secara sederhana. Kita cukup mengisikan data-data pribadi sesuai yang tertulis di field website, sehingga mudah diaplikasikan bagi calon pelamar. Namun ada beberapa tips sederhana yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar riwayat hidup (curiculum vitae) agar lamaran kita bisa diterima dan lolos dalam tahapan pertama ini, antara lain :

Kolom Pengisian Lowongan Kerja di Website BRI
Kolom Pengisian Lowongan Kerja di Website BRI
  1. Data Pribadi

Penulisan data pribadi ini adalah tahap pertama anda memperkenalkan diri pada perusahaan. Data ini meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tinggal, nomor telepon dan email, serta riwayat pendidikan. Perusahaan akan menyimpannya dalam database perusahaan, sehingga buatlah selengkap mungkin terutama untuk alamat tinggal, nomor telepon/HP dan alamat email yang anda cantumkan adalah yang ter-update sehingga memudahkan anda untuk dihubungi.

  1. Riwayat Pekerjaan

Pengalaman kerja seringkali menjadi nilai tambah tersendiri bagi pelamar kerja. Beberapa perusahaan seringkali lebih memprioritaskan pelamar yang sudah mempunyai pengalaman kerja di tempat lain ketimbang yang masih fresh graduate. Cantumkan 3 riwayat pekerjaan dimulai dari yang terakhir atau tempat bekerja saat ini. Perusahaan mungkin akan melakukan cross check, jadi pastikan anda memiliki rekam jejak yang baik di perusahaan lama yang anda cantumkan.

  1. Pengalaman Organisasi

Field kolom pengalaman berorganisasi ini sifatnya opsional. Artinya, boleh diisi boleh tidak. Namun ada baiknya bila anda cantumkan bila memilikinya baik ketika masih di organisasi kemahasiswaan dulu maupun organisasi di  tempat bekerja seperti serikat pekerja, asosiasi buruh, dll. Bagi yang masih fresh graduate/belum memiliki pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi ini akan menjadi nilai tambah buat anda.

Nah itu tadi sedikit tips yang bisa saya bagikan disini. Semoga bermanfaat buat pembaca yang saat ini sedang melamar lowongan kerja di website online. Setidaknya dengan lolos tahapan awal administrasi akan berpeluang untuk bisa maju ke tahapan-tahapan tes selanjutnya.

Selamat mencoba dan semoga sukses !

Salam Digitizer,

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.