tips belanja online

Maraknya e-commerce saat ini menjadikan kompetisi yang cukup ketat di kalangan pebisnis. Mereka berlomba-lomba menyajikan pelayanan serta produk yang beragam serta menarik bagi para pelanggan. Hal ini tentu saja membuat pelanggan memiliki lebih banyak pilihan barang dalam satu kategori produk. Dalam bisnis, transaksi jual beli terjadi setiap harinya. Produsen suatu barang pun adalah seorang pelanggan dari penyedia bahan material. Sebagai pelanggan, Anda tentu perlu teliti dalam membeli suatu barang, terutama apabila melakukannya secara online. Berikut tips belanja online yang bisa Anda terapkan.

Tips Belanja Online, Teliti Sebelum Membeli Itu Perlu

  1. Waspada saat mengakses suatu website.

Dalam berbelanja online, banyak website e-commerce maupun toko online yang perlu Anda waspadai. Tidak semuanya aman untuk dikunjungi. Selain itu pastikan kejelasan produk yang Anda akan beli, apakah produk tersebut asli atau duplikat. Jadi ada baiknya Anda berhati-hati dalam berbelanja online dengan memastikan URL dari situs belanja online yang Anda kunjungi diawali dengan https.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Penjualan dengan Website

2. Memastikan garansi produk yang Anda beli.

Jika ingin membeli suatu barang yang cukup berharga atau mahal, Anda hendaknya memastikan bahwa barang tersebut memiliki garansi resmi atau distributor yang bisa digunakan sebagai jaminan jika barang tersebut mengalami kendala.

3. Membandingkan produk dan harga.

Membandingkan produk sangat berguna untuk bisa menemukan penawaran yang terbaik. Perbandingan tersebut bisa berupa perbandingan harga. Maraknya situs perbandingan harga yang bermunculan, membuat para customer lebih mudah untuk mencari produk yang sesuai dengan budget mereka. Pada situs perbandingan harga ini, para Anda bisa membandingkan harga di berbagai macam e-commerce, mulai dari harga paling murah hingga paling mahal. Selain itu, di situs perbandingan harga ini juga bisa ditemukan kupon-kupon promosi dari berbagai macam e-commerce. Sehingga customer bisa menentukan produk yang sesuai dengan budget mereka dan juga mendapatkan informasi potongan harga.

Membandingkan harga melalui situs pembanding harga

Baca Juga : Perbedaan E-Commerce, Marketplace dan Online Shop

4. Perhatikan ulasan produk.

Ulasan produk bisa sangat membantu dalam membuat keputusan berbelanja online yang pintar. Ulasan pelanggan dapat menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan produk tertentu, atau sekedar menjelaskan dengan lebih baik bagaimana spesifikasi produk tertentu. Contoh yang sama dengan poin nomor empat, Priceprice.com juga menyediakan ulasan produk-produk dari para user yang bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

5. Cek pengiriman produk.

Ketika memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan pengiriman produk tersebut menggunakan jasa pengiriman barang yang terpercaya. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan pengiriman paket. Adanya asuransi pengiriman paket sangat membantu jika terjadi kehilangan pada paket, dicuri atau rusak dalam perjalanan.

Berbelanja secara online bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Semua tergantung bagaimana cara pelanggan berbelanja secara online. Pelanggan harus pintar dan teliti sebelum menyesal dalam menentukan pilihan berbelanja.

Semoga tips belanja online ini bermanfaat bagi Anda.

Salam Digitizer

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here