sports marketing

Pesta olahraga yang diikuti oleh negara-negara di Asia akan diselenggarakan di Jakarta mulai 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pemerintah dan perangkat pendukungnya, tak terkecuali bagi para pebisnis. Mereka berlomba-lomba untuk ikut mendukung acara ini karena bisa dijadikan lahan yang subur untuk mengenalkan produk ataupun jasa.  Berbagai strategi sports marketing mulai di-launching untuk mempersiapkan kematangan eksekusi saat perhelatan akbar tersebut berlangsung. Lalu, apa yang dimaksud dengan sports marketing dan langkah apa saja yang perlu dilakukan? Berikut infodigi merangkum untuk Anda.

Definisi

Sports marketing berarti melakukan pemasaran menggunakan olahraga untuk membantu menjual barang dan jasa. Teknik ini merupakan salah satu cabang dari pemasaran yang berfokus pada konten olahraga sebagai perantara. Tujuannya adalah menyediakan strategi bagi klien untuk mempromosikan acara olahraga atau mempromosikan beberapa produk, layanan, bisnis, atau kegiatan lainnya. Pemasaran olahraga adalah elemen promosi olahraga yang melibatkan berbagai sektor industri olahraga, termasuk penyiaran, iklan, media sosial, platform digital, penjualan tiket, dan hubungan masyarakat. Teknik pemasaran ini adalah elemen promosi olahraga yang melibatkan berbagai sektor industri olahraga, termasuk penyiaran, iklan, media sosial, platform digital, penjualan tiket, dan hubungan masyarakat

Keuntungan

Keuntungan terbesar dari pemasaran ini adalah memungkinkan pelaku bisnis untuk saling mendukung pada popularitas dan pengabdian terhadap tim dan atlet favorit mereka. Sehingga, hal itu memicu para penggemar sebuah klub untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sponsor. Dengan kata lain, pebisnis dan klub atau acara olahraga saling menguntungkan sama lain. Klub atau acara mendapatkan dukungan baik berupa uang ataupun produk atau jasa, dan pemilik bisnis mendapatkan “jasa” branding dari klub/ event olahraga itu.

Strategi yang dilakukan dalam sports marketing

Memperjualbelikan merchandise klub atau event olahraga menjadai salah satu strategi paling ampuh. Penggemar akan berburu produk yang Anda jual, terlebih lagi jika produk tersebut limited edition.  Hal itu disebabkan oleh rasa ikut memiliki dan menjadi bagian dari sebuah tim, mereka akan merasa menjadi sebuah kebanggaan jika memiliki barang yang berhubungan dengan klub atau acara tersebut. Selain merchandising, digital marekting juga turut andil menjadi strategi yang digunakan dalam sports marketing. Berbagai kontes di media sosial dapat dilakukan untuk menarik perhatian massa. Pemasar dapat menggunakan tagar yang mudah diingat untuk berada di daftar yang sedang tren. Memberikan akses analisis permainan melalui infografis atau video juga turut membantu kesuksesan sports marketing.

Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah pastikan Anda mengenali target pasar Anda. Mengingat tiap olahraga juga memiliki perbedaan karakteristik penggemar.  Setelah mengenali serba serbi tentang sports marketing, apakah Anda tertarik untuk terlibat di dalamnya?

Artikel Terkait: Menentukan Strategi Yang Tepat Dalam Digital Marketing

Jangan lewatkan artikel ini

Haruskah melakukan advertising di Internet?

Pentingnya Digital Marketing