Peluang Usaha Menjadi seorang mahasiswa dengan segudang tugas di dalamnya atau yang mengisi waktu luang dengan kegiatan organisasi tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ingin membuka bisnis kecil-kecilan. Banyak peluang usaha yang tersedia untuk mahasiswa dan dari banyak peluang usaha tersebut membutuhkan modal yang tidak besar bahkan tanpa modal sekalipun. Selain mendapatkan uang tambahan, memiliki sebuah usaha dapat melatih diri Anda sebelum memasuki dunia kerja. Namun, jika Anda berniat untuk membuka sebuah usaha, maka Anda harus pintar dalam membagi waktu antara waktu kuliah, waktu untuk organisasi, dan waktu untuk mengembangkan usaha Anda.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang tambahan atau ingin tahu gimana sih rasanya memiliki sebuah usaha atau terjun ke sebuah bisnis itu, Anda bisa mencoba beberapa peluang usaha untuk mahasiswa berikut ini.

Peluang usaha1.Guru Les Private

Jika Anda merupakan mahasiswa beasiswa atau mahasiswa yang menguasai mata pelajaran tertentu, tidak ada salahnya membuka les private untuk membagikan ilmu yang Anda miliki kepada mereka. Anda bisa menyesuaikan waktu mengajar Anda sehingga tidak mengganggu kuliah Anda. Misalkan, sore sepulang kuliah atau saat malam hari.

2. Jasa fotografi dan video

Nah, bagi Anda yang menyukai fotografi dan bisa menghasilkan foto-foto bagus, mengapa tidak mencoba untuk membuka jasa fotografi ? Anda bisa mulai menawarkan pada orang terdekat, misalkan teman-teman Anda atau bergabung dengan komunitas fotografi membuat peluang Anda semakin terbuka lebar. Setelah Anda merasa ahli di bidang fotografi, mulailah merambah ke jasa video. Jika ada tugas kuliah membuat video, seperti yang saya alami semester kemarin, jasa pembuat video ini sangat dibutuhkan loh. Anda yang berpeluang di bidang ini bisa menawarkan kepada teman-teman dengan mematok harga yang tidak terlalu mahal tentunya.

3. Penerjemah

Menguasai beberapa bahasa? Kenapa tidak mencoba menjadi seorang penerjemah. Cobalah mencari info tentang penerbit yang sedang membutuhkan seorang penerjemah. Anda juga bisa menawarkan keterampilan Anda ini kepada teman-teman di sekitar yang membutuhkan. Tidak butuh modal besar, bukan? Anda hanya harus memiliki keterampilan menguasai bahasa tertentu untuk menjalankan peluang usaha ini.

4. Desain Grafis

Jika Anda menguasai bidang desain grafis yang satu ini maka ini adalah peluang usaha untuk Anda. Peluang usaha yang satu ini juga tidak membutuhkan modal besar, Anda hanya diharuskan untuk terampil dalam mengoperasikan software seperti photoshop, dll.

Baca Juga: Manfaat Trend Design Di Indonesia Untuk Media Promo

5. Penulis

Peluang bisnis yang satu ini tidak harus menjadi penulis profesional yang telah menghasilkan karya-karya luar biasa. Bagi Anda yang memiliki cita-cita menjadi penulis profesional, Anda bisa memulainya dengan menjadi seorang penulis freelance. Mulailah dengan mengirimkan tulisan Anda baik berupa tulisan fiksi ataupun non fiksi ke situs-situs online sehingga Anda bisa menjadi kontributor penulis online atau Anda juga bisa mengirimkannya kepada penerbit yang sedang mencari seorang penulis freelance.

Baca Juga: Jika Berminat Menjadi Kontributor, silahkan kirim tulisan kalian disini

6. Bisnis Kuliner

Ini dia bisnis yang paling banyak digeluti oleh sebagian orang saat ini. Tidak harus membutuhkan modal besar untuk memulai bisnis kuliner ini. Anda bisa memulainya bersama teman-teman Anda dengan membuka outlet di kampus atau Anda bisa menitipkannya di kantin kampus. Mulailah pasarkan produk Anda di lingkungan kampus dahulu, jika produk tersebut mendapatkan respon yang baik, maka mulailah memasarkan produk tersebut di luar kampus.

Baca Juga: Perkembangan Bisnis Makanan Dan Minuman Di Ranah Online

7. Printing

Peluang usaha yang satu ini akan selalu dibutuhkan oleh mahasiswa apalagi bagi mahasiswa yang tidak memiliki printer pribadi. Dan yang paling dicari oleh mahasiswa adalah tempat ngeprint yang murah tentunya dengan kualitas yang bagus. Anda yang ingin mencoba peluang usaha yang satu ini bisa memulainya dengan membuka jasa printing di kampus dan untuk giliran menjaga Anda bisa membuat shift jaga dengan teman Anda.

Itulah tujuh peluang usaha yang bisa Anda coba dari sekian banyak peluang usaha yang ada.

Salam digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here