Bisnis Online – Saya mengawali bisnis makanan dan minuman mulai dari hobby. Saya hobby cafe hopping. Menikmati kopi / coklat panas, interior berbagai cafe keren di surabaya,  memandangi ekspresi pengunjung yang keluar dan masuk cafe tsb. Well, hobby itu masih saya lakukan sampai sekarang. Meski untuk saat ini kebanyakan saya lakukan di tempat saya sendiri.
Yuk kita bicarakan perkembangan bisnis makanan dan minuman di Surabaya. Sebelum tahun 2010 trend pengusaha bisnis makanan dan minuman di surabaya adalah banyak banyakin cabang. Biar dibilang beken, banyak banyakin cabang dan juga harga harus terjangkau. So, modal pengusaha harus kuat untuk support keperluan trend itu.
ukm indonesia
Biji Kopi Terbaik Akan Menghasilkan Kopi Yang Terbaik Pula – @BeskemSby

Lalu di beberapa tahun belakangan ini pembangunan cafe baru berubah menjadi cafe luxurious. Pengusaha bisnis makanan dan minuman surabaya mulai buka usaha cafe/rumah makan dengan design interior nya yang tampak mahal/glamour. tetap saja harus di dukung dengan materi yang banyak karena kebutuhan jasa kontraktor yang gak asal asal an.

Dari trend itu, mulai berkembang lagi. Gak cuman memperhatikan bentuk fisik cafe/food stylist nya, sekarang ini wong suroboyo mulai memperhatikan “rasa”. Tidak peduli dengan harga lagi, tapi “rasa”.
Kalau dulu ada pedagang kaki lima jual terang bulan harga 40.000 saja udah dinilai mahal dan efeknya jadi sepi. “Wong Suroboyo” mending cari pedagang kaki lima harga 15.000an, toh namanya sama ‘terang bulan’. Nah Sekarang beda, terang bulan harga Rp 120.000 lho antrinya 3 jam, padahal tempatnya juga pedagang kaki lima. Nah Itu membuktikan semakin berkembangnya ‘taste’ wong suroboyo, harga sudah bukan lagi prioritas utama mencari tempat makan.
Saya sarankan kalo anda punya ide buka bisnis makanan dan minuman, dan anda merasa product jualan anda terbukti kalau rasanya layak jual, saya sarankan silahkan jalankan bisnis anda mulai dari online shop di beberapa social media. Perkembangan bisnis online makanan dan minuman berkembang pesat di surabaya. tak sedikit pengusaha makanan minuman online tersebut sudah punya nama dan customer loyal. Untuk promo bisa dengan mengikuti food carnaval di Surabaya. Apa lagi saat ini setiap bulan selalu ada beberapa event pameran makanan, bahkan di Surabaya Barat ada developer yang menyediakan lahannya untuk pameran seminggu 3 kali.
itu membuktikan bahwa bisnis F&b online surabaya sudah memiliki customer sendiri dan juga menghasilkan pemasukan yang tak sedikit. so, lets start F&B online business.
Salam Digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.