UKM Indonesia – Era teknologi dan informasi telah merubah banyak hal saat ini. Hampir semua aspek bisa dijamah oleh kecanggihan sebuah gadget termasuk didalamnya sektor Industri Kreatif Indonesia. Pergerakan secara berantai menimbulkan efek domino yang jelas jelas berpengaruh dalam ekonomi kreatif indonesia, begitu banyak StartUp lokal yang mulai berani unjuk gigi perlu diakui bahwa masih banyak yang bersifat tambal sulam tapi ini adalah sebuah bentuk kedinamisan sebuah industri.

Oleh John Howkins, dalam bukunya “The Creative Economy: How People Make Money From Idea” beberapa sektor industri kreatif terdiri dari terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan. desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, Penelitian dan Pengembangan (R&D), perangkat lunak, mainan dan permainan, Televisi dan Radio, dan Permainan Video, tapi sayangnya pernyataan ini belum banyak diakui oleh dunia.

Jika menilik sebagian hasil pemetaan dari Kementrian Perdagangan Indonesia , Industri Kreatif Indonesia yang menurut saya sangat berprospek menjadi trending topic diantaranya adalah :

  1. PERIKLANAN 

UKM Indonesia
TWP Brand Communication Specialist salah satu Industri Kreatif Indonesia berbasis periklanan

Tak dipungkiri dalam dunia periklanan, unsur kreatifitas selalu dituntut untuk menjadi prioritas utama dalam setiap output material promosi yang dihasilkan. Mulai dalam bentuk Visual Image, Video ataupun Copywriting. Dan begitu banyak media aplikasinya, mulai dicetak, dalam ruangan, luar ruang bahkan sekarang mulai masuk dalam dunia online.

Green Line Design - Architect, Interior and 3D Visualizer
Green Line Design – Architect, Interior and 3D Visualizer

2. ARSITEKTUR

Yang satu ini juga masih terkait dengan unsur design, begitu banyak konsep rumah yang mulai memperhatikan fungsi dan tingkat kesehatannya. Rumah minimalis yang tidak hanya sekedar mengutamakan bentukan luar yang menarik tapi juga sangat memperhatikan aspek penggunaak setiap material yanga da didalam rumah agar efektif terutama jika terkait ruangan yang tidak begitu luas.

3. PASAR BARANG SENI

Dalam pasar ini barang barang seni yang langka atau unik akan menjadi produk utama yang diperjual belikan, mulai dari proses belanja langsung ataupun menggunakan proses lelang. Banyak kolektor kolektor seni yang akan meramaikan proses transaksi disini.

4. KERAJINAN

Pramasew.com , salah satu produsen tas, dompet dan aksesoris dari kulit
Pramasew.com – Salah satu produsen tas, dompet dan aksesoris dari kulit yang bisa menerima permintaan special design dari pelanggan

Industri kreatif yang berbasis kerajinan seakan memang sudah menjadi penopang ekonomi mikro, karena begitu banyak kawan kawan UKM Indonesia yang fokus dalam bidang ini. Mulai dari pemanfaatan barang bekas, batu berharga, logam, kerajinan kulit, rotan, bambu, tanah liat dan masih banyak lagi material material yang bisa digunakan untuk meningkat nilai jualnya.

5. JASA DESIGN & PRINTING

Soccerbanditlab - Topi custom satuan, desain/kata2 sendiri
Soccerbanditlab – Topi Custom Satuan, Desain/Kata2 Sendiri

Begitu kampanye berwirausaha dihembuskan, begitu banyak pula usaha usaha kecil mulai tumbuh. Ini lah peluang bagi teman teman yang ingin membuka usaha Design & Printing. Seperti yang dilakukan oleh Soccerbanditlab, diawali dengan jualan jersey di twitter, sekarang mulai merambah printing tshirt dan kaos, bahkan kita saat ini bisa pesan satuan, dengan hanya memberikan materi logo atau text yang kita inginkan, dan team creative Soccerbandit akan mengeksekusinya dimaterial printing mulai Tshirt ataupun Topi.

Baca Juga : Peranan Design Grafis Dalam Dunia Internet Marketing

6. VIDEO, FILM dan FOTOGRAFI

Studiostar7.net - Toko Online Perlengkapan Studio Fotografi
Studiostar7.net – Toko Online Perlengkapan Studio Fotografi

Masih terngiang film The Raid 2 yang dibintangi oleh Iko Uwais yang berhasil menarik perhatian dunia international. Begitu banyak efek efek yang film laga kelas Hollywood yang bisa dipertotonkan dalam film ini. Tidak kalah film Laskar Pelangi, Pasir Berbisik dan yang terakhir baru ramai ramainya sampai dirilis sekuelnya adalah Ada Apa Dengan Cinta. Semuanya adalah film yang layak tonton bukan ? Begitu juga dalam dunia fotografi, yang sudah mulai meramaikan segala bentuk visual komunikasi dalam sebuah industri. Tidak hanya berkutat dalam jasa foto wedding dan studio fotografi,  tapi sudah banyak kawan kawan fotografer yang sudah berkarya untuk menangkap pasar corporate, dimana secara harga memang lebih menjanjikan.

7. FASHION

Bros Resin Wire - Salah Satu Produk Dari Koleksikikie
Bros Resin Wire – Salah Satu Produk Dari Koleksikikie

Bahas soal Industri Kreatif Indonesia gak akan terlepas dari bahas soal fashion. Gak heran kalau kata yang paling banyak dicari di google search adalah fashion, karena memang industri berbasis konveksi ini sangatlah besar marketnya. Banyaknya penjual seakan akan belum bisa memenuhi kebutuhan market indonesia. Mulai dari pakaian, hijab, sandal dan masih banyak lagi bentuknya. Seperti yang dilakukan oleh Koleksikikie, yang fokus di usaha aksesoris manik manik. Selain sebagai tempat menjual aksesoris, disini juga pelanggan bisa mendapatkan tutorial bagaimana cara membuatnya.

8. MUSIK 

Indie Music - Salah Satu Sekolah Musik Di Surabaya
Indie Music – Salah Satu Sekolah Musik Di Surabaya

Masih ingat saat Joey Alexander musisi Jazz yang masih sangat muda tampil dalam acara kelas Internasional Grammy Award, ya itu salah satu bukti bahwa musisi Indonesia tidak kalah dengan musisi luar. Banyak sekali musisi kita yang juga sering melakukan konser keluar negeri sayangnya sangat sedikit media yang meliputnya.

9. KULINER

Cireng Salju Surabaya - Saat Ini Sudah Menjadi Camilan Favorit Keluarga
Cireng Salju Surabaya – Saat Ini Sudah Menjadi Camilan Favorit Keluarga

Nah ini yang selalu menyenangkan untuk dibahas ehehe karena kebetulan saya memang suka nyobain menu menu baru khas daerah lokal. Tidak harus yang mahal, yang kaki lima pun boleh yang penting memuaskan rasa penasaran atas nama besar kuliner ini. Tren yang saya amati sekarang banyak makanan makanan enak memakai nama sederhana dan makanan yang kadang kurang nyaman dilidah memakai nama nama seram ataupun unik meskiun ada juga sich makanan yang memakai nama unik tapi juga nyaman di lidah. Kontras sich, tapi nyatanya seperti ini, rasa penasaran untuk mencoba sebuah makanan di pancing oleh nama yang unik atau aneh. Untuk yang makanan berat, di daerah Surabaya yang saya rekomendasikan untuk bisa dicoba adalah ; Bebek Pak Joss, Rawon Setan, Nasi Goreng Jancuk, Sate Kelopo Eindemohen. Untuk yang males keluar rumah, bisa order camilan kayak Cireng Salju Surabaya, Cemilan Online dan masih banyak lagi lho 🙂

Baca Juga: Pengusaha Sukses Di Bisnis Kuliner

Nah, itulah 9 sektor industri kreatif indonesia yang saya saring sebagian dari hasil pemetaan Kementerian Perdagangan Indonesia. Gimana menurut kalian, apakah masih ada yang sektor lain yang bisa dijadikan produk unggulan ekonomi kreatif bangsa ini. Silahkan komen disini ya, atau bisa dishare ke media sosial yang kalian miliki, mungkin kita akan mendapatkan inputan dari kawan kawan yang lain.

Salam Digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.