Strategi Internet Marketing – Apa yang kalian lakukan saat ingin mencari sebuah informasi, misalkan kita mau mencari Toko Perlengkapan Fotografi yang ada disurabaya. Bertanya ke orang , telfon ke 108 atau atau langsung membuka aplikasi google search ? hampir pasti jika kalian paham mengenai teknologi internet, kaiian akan mengetikkan kalimat itu di Google Search dan kemudian menunggu hasil pencariannya keluar.

Saat ini semudah itu kita bisa mendapatkan sebuah informasi. Hal ini bisa juga terjadi dalam proses membangun sebuah bisnis para UKM Indonesia, terutama bisnis online. Peranan dan beberapa google sangatlah memiliki peranan penting. Berikut ini adalah beberapa aplikasi google yang bisa kalian gunakan dalam mendukung bisnis yang kalian punya terutama untuk para UKM Indonesia yang sedang memulai bisnisnya.

  1. Google My Business 

Dalam aplikasi ini kalian bisa memasukkan semua database dengan fungsi utama adalah; memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk menemukan bisnis usaha kita melalui sinkronisasi platfom Google Search, Google+Page, Google Maps, Google Adwords dan Google Analytic . Dimana data data tersebut bisa dengan mudah kita masukkan semua menjadi satu di Google My Business.

Aplikasi Google My Business
Aplikasi Google My Business

 

2. Google Maps

Dalam aplikasi Google My Business, kalian akan disarankan untuk memasukkan alamat detail usaha. Dan saat kalian memasukkan alamat usaha untuk memastikan bahwa data alamat usaha kalian valid Google akan mengirikan kartu pos berisikan kode verifikasi yang harus kalian masukkan ke sistem verifikasi Google My Business. Jangan lupa setelah memasukkan alamat pasang juga beberapa foto Interior dan Exterior dari lokasi usaha kalian sebagai gambaran awal calon pelanggan.

3. Google+ Page 

Ini produk yang relatif baru dari Google. Mungkin kalian lebih familiar dengan Google+ , tapi dengan mengoptimalkan Google+Page kalian akan lebih fokus menginformasikan segala sesuatu tentang bisnis kalian. Selayaknya sebuah website, Google+page dirancang sedemikina ruma untuk memberikan semua kebutuhan etalase online bisnis kita.

4. Google Adwords Express

Nah, didalam Google My Business kita juga bisa memanage Google Adword, jika kalian sudah mengenal mengenai proses Google Adwords saya sarankan optimalkan melalui Google My Business , karena disini lebih mudah untuk di setujui oleh Google dibanding kita menggunakan aplikasi langsungnya.

5. Google Youtube

Siapa sich hari gini yang gak mengetahui soal Youtube. Sebuah aplikasi berisikan ribuan video yang diungguh secara bebas. Nah jika team bisnis kalian sudah lengkap, saya sarankan gunakan aplikasi ini untuk berbagi informasi tips atau trik usaha kalian. Dengan berbagi informasi kita akan mendapatkan loyal viewer (pembaca)  dan tentunya akan berpengaruh dengan traffic bisnis kita.

6. Google Analytic

Nah inilah aplikasi google yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik bisnis online. Dengan google analytic kita bisa menganalisa kinerja dari website yang kita miliki. Setiap detail aktifitas dari website kita kelihatanya tidak ada yang luput dianalisa oleh google analytic. Bahkan kita bisa tau bagaimana visitor website kita masuk kedalam website, dengan handphone mereka apa, pakai provider internet apa dan segala macam data yang bisa kita analisa.

Semua aplikasi hebat ini bisa kita dapatkan dalam satu paket Google My Business. Bahkan kalian bisa mengelolanya melalui handphone Ios atau Android kalian, tinggal download saja di Aplikasi Store nya dan wallah semua database bisnis kalian sudha dirangkum menjadi satu tempat. Jadi jangan sampai usaha kalian yang rintis tidak mengoptimalkannya. Selamat mencoba para UKM Indonesia dan silahkan berbagi disini hasilnya.

Salam Digitizer,

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here