Strategi Marketing – Social Media bukan hanya sekedar soal efisiensi dalam berpromosi, tapi lebih dalam lagi perannya. Karena unsur manusianya harus bisa dimunculkan.  Berkomunikasi dalam social media hendaknya seperti bertatap muka dengan lawan bicara.  Hal ini lah yang yang harus disadari sejak awal oleh setiap pemilik usaha yang menggunakan Social Media Marketing sebagai channel komunikasinya, ingat bukan channel promosi yang sekedar hardsale, tapi lebih ke channel komunikasi selayaknya antar manusia yang sedang berbicara.

Karena itu dibutuhkan sebuah rencana yang sangat sistematik dalam membangun channel komunikasi ini. Setiap langkahnya harus diperhitungkan secara matang agar Social Media marketing yang dikelola bisa membantu mencapai target bisnisnya.

Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa disiapkan dari awal dalam mengelola channel komunikasi bisnis menggunakan Social Media marketing.

Pilih Team Pengelola Social Media 

Saat social media mulai diluncurkan, bertahan atau tidaknya tergantung team yang mengelola. Bagaimana mengatur ritme postingan. Bagaimana merespon dengan cepat komentar komentar yang muncul. Sudah banyak aplikasi yang akna memudahkan pekerjaan ini, sehingga objective awal saat social media ini dibentuk akan tetap terjaga.

Pilih Akun Social Media

Untuk bisnis yang masih kecil, mungkin bisa mempertimbangkan dengan memilih Facebook Page, Twitter ataupun Instagram . Bisa dicek beberapa platform social media yang aktif di Indonesia disini. Pilih Maximal 2 akun terlebih dahulu agar bisa fokus dan bisa memonitor team efektifitas team pengelolanya. Dari sisi tampilan, sangat penting jika akun social media yang dimiliki memiliki tampilan yang relatif sama dengan website yang sebelumnya sudah dipunyai.

Buat Time Plan Bulanan 

Setelah semua akun social media yang kita kelola sudah aktif, saatnya mulai diatur jadwal time plannya. Mulai dari :

– Jumlah Post Per Week

– Tentukan waktu yang tepat untuk posting (bisa dibantu dengan scheduling app)

– Tentukan content atau materi yang diposting

Tentukan semuanya diawal, dan pastikan ada jadwal monitoring bulanan terkait aktifitas yang team social media kita lakukan.

Ciptakan Content Yang Mengikat 

Setelah teamnya kita bentuk,  Akun Social Media kita tentukan mana yang akan kita pakai , dan time plannya sudah terbentuk. Sekarang waktunya fokus pada content yang mengikat. Content yang akan selalu ditunggu tunggu oleh calon pelanggan, content yang akan membuat calon pelanggan ingat selalu akan brand yang kita bangun. Misal seperti :

– Tips mingguan

– Postingan humor yang relevan

– Interaksi yang kuat, dengan tanya jawab dengan follower di social media

– Foto dan Video yang relevan

– Coupon Diskon

Monitoring responnya dan tracking hasilnya 

Pastikan hal ini tidak ketinggalan dalam proses social media marketing. Mau respon baik ataupun buruk calon pelanggan kita menunggu tanggapan dari kita. Dan usahakan dengan cepat untuk menanggapinya. Selalu filing setiap tanggapan yang muncul setiap harinya. Agar bisa dianalisa setiap bulan.

Gunakan hasilnya untuk memahami perilaku konsumen terhadap bisnis kalian

Apakah ada cara yang lebih baik untuk mengukur apa yang dinginkan oleh pelanggan, selain meminta pendapatnya sendiri ke mereka ? Keterlibatan kita sangat diperlukan, jangan pernah takut untuk mendengarkan langsung apa yang mereka inginkan. Dengan berkomunikasi langsung kita bsia memetakan dua hal atas bisnis kita. Berupa kekuatan atau kelemahan. Dan semuanya sangat kita butuhkan dalam membuat kebijakan kedepannya.

Sharing aja disini, jika kawan kawan semua memiliki pengalaman pribadi yang terkait dengan pengelolaan social media sebagai strategi marketing. Semoga dengan saling berbagi kita bisa berkembang bersama.

Salam Digitizer,

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.