Facebook Ads

Semua orang tentu ingin memiliki bisnis yang berkembang. Era yang sudah serba digital menuntut Anda untuk harus mengikuti setiap perubahan, termasuk memanfaatkan media sosial seperti Facebook sebagai strategi pemasaran. Dengan pengguna aktif yang berjumlah lebih dari 2 milyar, platform satu ini menyediakan layanan iklan atau Facebook Ads yang bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak orang sehingga bisa meningkatkan hasil penjualan.

Namun, seperti praktik digital marketing lainnya, Anda harus tahu cara-cara yang tepat agar strategi yang dilakukan berjalan efektif. Jika Anda telah memasang iklan pada Facebook namun iklan tersebut tidak membawa dampak yang signifikan pada bisnis, coba Anda evaluasi terlebih dahulu di mana letak kesalahannya. Nah, berikut ini beberapa masalah umum yang membatasi kinerja iklan Facebook Anda.

Baca juga: Berbisnis Online Dengan Facebook Ads

Menetapkan target yang salah

Pertama, selalu pastikan Anda tahu siapa yang hendak dituju. Ketika menjalankan Facebook Ads, Anda harus bisa menargetkan audiens yang tepat. Formula umum yang digunakan adalah dengan melihat minat dan perilaku mereka di Facebook. Namun terkadang pendakatan ini tidak selalu bisa mencapai hasil maksimum yang Anda harapkan.

Untuk menjalankan iklan Facebook agar lebih efektif, Anda bisa menargetkan pengguna yang telah menunjukkan minat pada bisnis Anda. Facebook membantu proses penargetan ini dengan cara penargetan ulang audiens (pengguna yang telah berinteraksi dengan iklan Anda di masa lalu), pemirsa yang mirip Facebook (menggunakan grup 1K hingga 50K dari basis data pelanggan Anda), dan pengguna yang telah berinteraksi dengan situs web atau halaman profil Anda.

Memilih Waktu yang Salah

Seringkali iklan Facebook dibuat dengan target yang tepat namun disebarkan begitu saja tanpa memperhatikan waktu yang sesuai. Untuk mengatasi ini, sebaiknya Anda membuat beberapa set iklan yang berbeda, sehingga pelanggan potensial Anda bisa melihat iklan yang tepat pada waktu yang tepat pula. Menyiarkan iklan yang sama sepanjang waktu bisa berpotensi diabaikan. Pahami perilaku pengguna dan cari waktu yang tepat untuk beriklan.

Tidak spesifik

Menjangkau lebih banyak orang bukan berarti akan langsung menghasilkan penjualan yang menguntungkan. Jadi, cobalah buat iklan yang lebih spesifik dengan fokus pada produk atau layanan tertentu. Beriklan dengan spesifik akan lebih membantu Anda untuk mengumpulkan audiens yang sesuai. Mempersempit jangkauan Anda akan membantu Anda mengirim iklan ke audiens yang lebih kecil, tetapi lebih berkualitas.

Baca juga: Trik di Facebook untuk Kegiatan Marketing

Pesan yang tidak jelas

Beriklan adalah kesempatan Anda untuk mengirim pesan yang efektif kepada audiens. Namun, kesempatan itu sering menjadi sia-sia ketika Anda bahkan tidak memiliki Call to Action yang jelas. Apakah Anda ingin mengajak audiens mengklik tautan, mengajak mereka mengunjungi website, atau lainnya? Visual dan teks yangg digunakan harus memilki pesan yang jelas sehingga audiens bisa langsung merespons sesuai yang Anda inginkan. Iklan yang rumit akan mudah diabaikan sehingga hasilnya pun nati tidak maksimal.

Mengabaikan Facebook Pixel

Selain untuk mencatat data kunjungan, Facebook Pixel juga akan mengumpulkan audience khusus. Audience khusus ini adalah mereka yang pernah memiliki minat atau ketertarikan terhadap konten yang Anda buat, berbeda dengan jenis audiens lainnya yang dipilih secara acak. Facebook Pixel dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan cara melacak tindakan yang dilakukan pengguna saat berinteraksi dengan iklan Anda, mengoptimalkan tawaran, hingga melakukan penargetan ulang yang lebih efektif.

Membuat iklan yang menghasilkan memang tidak mudah ya, Digitizer. Anda harus memiliki rencana yang tepat dan solid agar strategi berjalan efektif. Apakah iklan yang Anda buat telah sesuai dan menghindari kesalahan-kesalahan di atas? Jika belum, coba evaluasi dan perbaiki.