CMS

5 CMS populer buatan indonesia – Sebuah konten website yang bisa dimanajemen dengan mudah. Itulah arti sederhana dari CMS (Content Management System). Banyak orang yang belum mengetahui j ika ada CMS buatan anak bangsa dan mungkin hanya mengenal CMS dunia seperti WordPress, Joomla,Drupal dan lain-lain. Dan inilah 5 CMS populer karya anak bangsa.

Baca juga : Tips meningkatkan penjualan dengan website

PopojiCMS

 

popojiCMS

PopojiCMS adalah CMS buatan lokal yang artinya kantong (popoji) CMS (Content Management System) dan bisa diartikan kantong CMS. PopojiCMS adalah CMS pertama di indonesia yang memakai Bootstrap dan plugin jQuery untuk mendukung pengembangan websitenya. PopojiCMS juga memiliki keunikan yang mana mudah diubah karena dasarnya menggunakan OOP. Dalam website resminya juga tersedia tutorial dan macam – macam versi CMS popojiCMS.

Fiyo CMS

 

FiyoCMS

Fiyo CMS adalah CMS buatan lokal yang sebagian menggunakan PHP murni dalam pengembangannya. Keamanan pada Fiyo CMS pun juga tidak diragukan lagi dan Fiyo CMS adalah salah satu CMS buatan indonesia yang banyak digunakan di luar negeri.

Baca juga : Perbedaan Website dan Blog

Lokomedia

 

lokomedia

CMS Lokomedia mungkin CMS tertua saat ini. Dibangun sejak awal tahun 2009 oleh Lukmanul Hakim sekaligus pendiri penerbit Lokomedia yang terkenal dengan buku-buku best seller di bidang website. Penggunaan CMS lokomedia juga terbilang mudah, tinggal import database maka website sudah dapat digunakan.

CMS Formulasi

 

formulasi

CMS Formulasi ini terbilang unik karena dibangun oleh para guru di indonesia. Sebagian guru ikut meluangkan waktu untuk mengembangkan CMS ini. Saat ini CMS Formulasi sudah mencapai versi 2.1.0, CMS Formulasi adalah CMS untuk keperluan di bidang pendidikan, dibuat oleh guru dan didedikasikan untuk pendidikan. Bahnkan CMS ini sudah banyak digunakan di sekolah-sekolah di indonesia bahkan perguruan tinggi.

Elybin CMS

 

elybin

CMS ini terbilang masih baru, Elybin CMS ini sempat mirip dengan PopojiCMS yang menggunakan Bootstrap dalam pengembangannya. Elybin CMS juga memberikan paket dengan harga tertentu kepada developer.

Baca juga : Apa itu CMS (Content Management System)?

Itulah 5 cms populer buatan indonesia yang mungkin kita belum tahu. Nah, kita juga tak menyangka jika karya-karya anak bangsa dalam bidang web development juga bisa mendunia. Anda berminat untuk mencobanya?

Salam Digitizer!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.