Foto: Google


Perangkat Android kembali mendapatkan ancaman dari serangan virus.

Sebuah laporan dari analisis keamanan CSIS Group Aleksejs Kuprins menemukan virus jenis trojan bernama “Joker” di Google Play Store. Puluhan aplikasi yang tersedia ditemukan mempunyai virus yang membahayakan ponsel pengguna. Menurut Kuprins, aplikasi yang terinfeksi virus joker telah diunduh lebih dari 400.000 kali oleh pengguna Android kurang waspada dengan virus.

Joker merupakan tipe virus atau malware yang bisa mencuri uang dengan cara berlangganan premium tanpa sepengetahuan korbannya. Program jahat ini juga bisa menyimulasikan interaksi dengan situs iklan, melihat isi pesan teks di ponsel, hingga mencuri informasi dari peraangkat yang digunakan. Informasi diri pengguna akan dirampas habis-habisan, bahkan daftar kontak di ponsel mampu diambilnya.

Baca juga: Kalangan Milenial Mulai Tertarik Jadi Investor Fintech

Menurut Kuprins, Joker mengincar korban dari negara-negara tertentu seperti Indonesia menjadi salah satu targetnya. Melalui pengamatan yang dilakukan CSIS Group sekitar 37 negara incaran virus Joker tersebar dari benua Amerika hingga Asia dan Australia. Termasuk negara besar dengan kecanggihan teknologi yang tidak diragukam lagi misalnya Amerika Serikat, Mesir, Perancis, Jerman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Singapura.

Saat ini, dalang dibalik virus Joker masih belum diketahui. CSIS masih berusaha menangkap pelaku dengan data-data yang telah diperoleh. Namun, jika dilihat dari kode bot, komentar, komando, dan server kontrol, bahkan transkipnya ditulis menggunakan bahasa mandarin. Nama “Joker” berasal darisalah satu server pengendali (C&C) sang malware.

Kuprins menyatakan, Google telah mengambil tindakan dengan menghapus aplikasi tersebut. Untuk masa mendatang, aplikasi jahat tidak akan bertahan lama di bawah pantauan Google

Sementara, menurut laman Techradar menemukan 24 aplikasi yang terserang virus Joker. Berikut nama aplikasi yang terkena virus, segera hapus jika kamu masih menggunakannya:

  1. Advocate Wallpaper
  2. Age Face
  3. Altar Message
  4. Antivirus Security – Security Scan
  5. Beach Camera
  6. Board picture editing
  7. Certain Wallpaper
  8. Climate SMS
  9. Collate Face Scanner
  10. Cute Camera
  11. Dazzle Wallpaper
  12. Declare Message
  13. Display Camera
  14. Great VPN
  15. Humour Camera
  16. Ignite Clean
  17. Leaf Face Scanner
  18. Mini Camera
  19. Print Plant scan
  20. Rapid Face Scanner
  21. Reward Clean
  22. Ruddy SMS
  23. Soby Camera 
  24. Spar Wallpaper 

Jika kamu pernah menginstal salah satu aplikasi tersebut, sebaiknya lebih hati-hati dan memeriksa riwayat transaksi kamu setelah unistall. Tetap mengawasi setiap aktivitas akun yang mencurigakan.