Wah gak kerasa hampir habis bulan April ini, udah berjalan 20 hari dan saatnya cek stok toko dan laporan keuangan. Ada yang selalu membuat saya penasaran dan jujur saja pengen nyoba juga sich hehehe. Di salah satu pos keuangan Toko Perlengkapan Studio Fotografi yang saya kelola bareng kawan dan saudara, salah satu pos biaya ada biaya kirim yang selalu kami rekap setiap bulannya. Yang selalu bikin takjub setiap bulannya biaya kirim ini selalu diatas nilai 4 – 5 jutaan, bisa jadi karena kami seringnya kirim barang berupa paketan studio fotografi yang memang lumayan besar. Bukan soal paketnya tapi soal nilai okirnya yang kalau dihitung lumayan juga lho eheheh, peluang bisnis ekspedisi didepan mata keliatanya. Apalagi kalau tau nilai diskon untuk counter yang bisa didapatkan setiap bulannya dari omset biaya kirim tersebut hehehe 🙂

BacaJuga: 3 Kesalahan Besar Menggunakan Facebook Ads
Peluang Bisnis Ekspedisi Turut Merasakan Nikmatnya Pertumbuhan Toko Online Di Indonesia
Peluang Bisnis Ekspedisi Turut Merasakan Nikmatnya Pertumbuhan Toko Online Di Indonesia

Gimana nggak, dengan berkembangnya toko online saat ini, peluang bisnis ekspedisi juga ikutan menikmati buahnya, karena hampir semua ecommerce atau toko online akan pasti menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan orderannya. Sebut saja salah satunya JNE yang Dirut nya baru saja di daulat menjadi Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO). Begitu banyak yang komplain mulai dari harga mahal dan sering telat tapi masih saja banyak yang pakai. Menurut saya karena salah satunya adalah, teknologi yang diterapkan lebih banyak memudahkan kebutuhan untuk Toko Online, sehingga demand nya lumayan tinggi saat ini. Mulai dari kemudahan cek harga okir, jangkauan pengiriman sampai ke pelosok dan kemudahan untuk tracking proses pengiriman. Semuanya sangat dibutuhkan untuk menunjang kecepatan proses transaksi sebuah toko online.

Nah, jadi bagaimana peluang bisnis ekspedisi ini untuk pemain level menengah kebawah, apakah masih mungkin bersaing dengan para pemain yang sudah bermain cukup lama dan berinvestasi dalam teknologi yang tergolong mumpuni. Ya saya pikir masih ada peluanganya, asal kita mau berinovasi dan melihat menu yang kita tawarkan di market bisa diterima dengan baik. Peluang bisnis ekspedisi semakin menggiurkan untuk lebih di”telateni” (baca: serius). 

Contohnya yang dilakukan oleh Red Kurir, sebuah jasa kurir pengiriman paket dan dokumen yang baru berumur 6 bulan ini berdomisili di kota Jember Jawa Timur. Dengan format paket dan dokumen tentu saja kompetitor red kurir akan bejibun, banyak pemain besar yang juga menyediakan jasa ini. Apa menariknya kalau gitu ?

BacaJuga: Cara Menambah Follower Instagram Dengan Cepat

Red Kurir membuat perbedaan, dengan memberikan jasa pengiriman Hand Bouquet (bunga rangkai) sebagai variasi menu selain menambahkan jasa shopping delivery, kita yang sibuk dirumah tinggal pencet 081336727972 / 0816594935 or BBM ke 5E6ECDEA langsung order belanjaan di supermarket , tinggal tungguin team dari Red Kurir nganter belanjaannya kerumah, enak kan 🙂 Atau lagi cari kado buat orang terkasih, tapi posisi lagi sibuk dikantor tinggal kontak saja dan kadonya pun terkirim dengan cantik. Inilah pembedanya, yang bisa dikomunikasikan ke target market oleh Team Red Kurir.

Apakah dengan begitu Red Kurir bisa bertahan, buktinya sampai sekarang Red Kurir masih bisa memberikan jasanya bagi seluruh masyarakat Jember dan sekitarnya, dan saya berharap tetap bertahan dan tumbuh besar. Karena inilah yang seharusnya banyak dilakukan oleh kita kita yang mampu, selain membuka lapangan pekerjaan, kita juga bisa berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, minimal untuk daerah kita sendiri.

Bagaimana dengan Anda, apakah peluang bisnis ekspedisi ini menarik untuk dijalankan ? kalau iya sharing dunk disini pemahaman dan pengalamannya 🙂

BacaJuga: Kumpulan Artikel Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here