Foto: Nyayur.id

Mengenal start-up digital pertanian karya anak bangsa yang akan unjuk kebolehan di ajang internasional. Nyanyur.id bergerak di bidang pertanan pintar (smart agriculture) berhasil lolos mewakili Indonesia sebagai finalis di Olimpiade Inovasi Teknologi (The Advanced Innovation Global Competition 2019). Dilaksanakan di Nanyang Technological University (NTU) Singapura pada 15-17 November 2019 mendatang. Dihadiri oleh 200 negara dan 10.000 inovator di dunia dengan mempresentasikan hasil karya berupa IoT, E-Commerce, Big Data, dan Karsa Cipta lainnya.

Aplikasi yang didirikan oleh Reynaldi Prasetya dan kedua rekannya pada Mei 2017. Sekitar 10. 000 pengguna telah menggunduhnya. Nyayur.id masih beroperasi di tiga kota, Salatiga Jawa Tengah, Surabaya dan Jember di Jawa Timur. Namun, masih banyak konsumen lebih aktif di Salatiga. Sedangkan di kota lain, aktivitas transaksi belum begitu aktif.

Secara umum Nyayur.id menjadi alternatif bagi mereka yang tidak ingin ribet pergi ke pasar untuk berbelanja. Pengguna aplikasi dapat memilih menu sayur dan buah, bumbu, lauk pauk, dan sebagainya. Selain belanja semakin efisien, masih banyak keunggulan dibandingkan dengan bisnis sayur online lainnya.

Pertama, pengiriman bisa dilakukan pagi hari sehingga konsumen dapat menerima sayur dalam kondisi segar. Nyanyur.id menerapkan sistem pemesanan sehari sebelumnya dan konsumen bisa memilih waktu pengiriman. Pengiriman mulai dari pukul lima pagi hingga sore.

Kedua, Nyayur.id berani memberikan garansi kualitas premium, karena dikemas secara elegan sehingga dijamin kesegaranya. Aplikasi ini berani memberikan garannnsi uang kembali jika ada produk yang tidak sesuai pesanan.

Ketiga, konsumen akan mendapatkan fasilitas gratis ongkir dengan belanja minimal Rp. 15.000. Serta dapatkan 1 paket sayur setiap harinya dengan harga Rp. 1 dengan minimal belanja Rp. 30.000.

Saat ini, Nyayur.id disibukkan mengurus legalitas bisnis agar kedepannya aplikasi ini lebih mudah memanfaatkan peluang dan mencari investor. Sebab untuk mengembangkan bisnis ini, masih membutuhkan perbaikan seperti tempat, peralatan dan riset pengembangan. Nyayur.id menargetkan akan menggaet 10 mitra pemasok dan 5.000 pengguna aktif sehingga membantu perluasaan jangkauan pasar.