Mitos SEO yang Banyak Diterapkan ― Website menjadi elemen digital marketing yang mulai banyak digunakan oleh para pemasar. Untuk UKM pun tak menutup kemungkinan dapat menggunakan platform ini juga. Bagi Digitizer yang ingin mulai membuat dan mengotimasi website bisnis Anda, hindari melakukan beberapa mitos ini.

Apa saja sih mitos SEO yang HARUS Anda hindari?

Mengutip dari DewaTalks, terdapat perbedaan mengenai cara optimasi SEO dahulu dan sekarang. Dahulu lebih fokus pada peringkat websitenya di hasil pencarian. Sedangkan sekarang, optimasi SEO lebih fokus pada user. Maksudnya, Anda perlu memposisikan diri sebagai user. Apa yang mereka cari dan kata kunci apa yang sering digunakan. Berikut ini beberapa “kesalahan masa lalu” yang perlu Anda hindari saat melakukan optimasi Search Engine Optimization.

Baca Juga: Cara Brainstorm Efektif Kala Tim Work From Home

Banyak kata kunci membuat website semakin bagus

Meskipun kata kunci merupakan elemen penting dalam hal optimasi, Anda tak bisa memasukkan banyak kata kunci sekaligus. Dahulu hal ini sering dilakukan. Namun jika Anda melakukannya di tahun 2021, bisa-bisa website Anda akan dinilai keyword spamming oleh Google.

Hal tersebut tentu saja merugikan Anda dan “wajah” bisnis Anda tak bisa dikenali khalayak. Untuk menghindarinya, Anda bisa memilih kata kunci yang tepat dan memasukkannya di konten-konten website Anda. Konten ini bisa berupa artikel, salah satunya.

Nama domain dan kata kunci

Ketika bicara domain, ini adalah brand bisnis Anda. Sebisa mungkin Anda menonjolkan namanya. Misalnya Anda memiliki bisnis “jual sepatu nike original”. Bukankah nama tersebut sangat panjang dan sulit diingat oleh orang? Inilah pentingnya Anda memiliki nama brand. Jadikan nama brand sebagai domain, dan kata kunci sebagai keterangan pendukung.

Banyak backlink menurunkan peringkat website

Nah, ini juga perlu Anda waspadai. Dilansir dari MarketingCraft, Google telah memperbarui algoritmanya. Dengan begitu, banyaknya backlink yang ada di website lebih dinilai kualitasnya. Anda boleh memiliki banyak backlink. Namun dengan catatan, para pengunjung website Anda harus tetap nyaman ketika berkunjung atau melihat konten di website tersebut.

Demikian sedikit informasi mitos SEO yang bisa Anda hindari. Singkatnya, mulai tahun ini dan 2021 nanti, Anda perlu memperhatikan behaviour serta minat dan kenyamanan user ketika mengunjungi web Anda. Jangan biarkan konten di dalam website bersifat keyword spamming. Banyak pengulangan kata kunci yang tidak enak dibaca.

Sudah siap bertarung di dunia digital tahun depan?

Salam Digitizer,