Kurang lebih 100 hari lagi tepatnya 31 Desember 2015 #MEA2015 akan diberlakukan. Seperti judul artikel ini, Siapkah kita menghadapinya ? sebelum dijawab ada yang tau gak sich apa yang sebenarnya dihadapi di #MEA2015 sampai sampai kita harus bersiap siap.

Anggota ASEAN

Tepatnya anggota ASEAN saat ini adalah 10 Negara dimana dideklarasikan tanggal 8 Agustus 1967 dengan title Deklarasi Bangkok. Negara negara yang tergabung didalamnya adalah ; Indonesia , Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina , Myanmar, Laos , Vietnam , Kamboja. Inilah 10 negara awal, dimana terkait kondisi Geografis, ASEAN beberapa tahun belakangan ini menjajaki kemungkinan akan menambah anggota dari beberapa tetangga negara ASEAN seperti ; Papua Nugini, Palau, Bangladesh, Taiwan, Timor Leste.

Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 (MEA2015)

Masyarakat Ekonomi Asean 2015 adalah Integrasi Ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara negara ASEAN. Seluruh anggota ASEAN telah menyepakati perjanjian ini, untuk menuju Wawasan ASEAN 2020. Dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat ini, negera negara ASEAN harus sudah mempersiapkan banyak hal mulai dari Sumber Daya Manusia yang kompetitif, Infrastruktur yang memadai dan banyak hal lagi untuk menunjang segala aspek MEA2015. Pertukaran banyak hal akan terjadi disini, hal ini bisa menjadi sebuah peluang besar atau malah bisa jadi masalah besar.

Bagaimana Dengan Negara Kita Indonesia

Banyak pengamat Ekonomi di Indonesia berpendapat, bahwa MEA2015 adalah peluang yang sangat besar untuk perkembangan Ekonomi Indonesia. Banyak kebijakan kebijkan yang dimunculkan untuk mendukung para pengusaha Indonesia dalam menghadapi MEA. Mulai dari sisi Industri besar dan kecil, semua aspek mulai dibentuk. Tingkat produktifitas mulai ditingkatkan. Nilai-nilai efisiensi terus dijaga.

 

Peran Pengembangan Bisnis OnlineĀ 

Dalam proses bisnis online yang perlu dipahami adalah, semua langkah yang ditempuh adalah sama dengan bisnis konvensional, bedanya hanya ada 2 hal menurut saya. Yang pertama perubahan Paradigma Bisnisnya, ini yang harus diawali oleh para pemilik bisnis online yang sudah ataupun baru memulianya, bahwa Internet akan sangat berperan penting dalam setiap aspek usahanya. Dan yang kedua adalah jalur promosinya, dimana akan menggunakan Digital Marketing Tools.

Peranan internet akan menambah jangkauan market, ada ataupun tidak ada MEA perdagangan melalui online sudah lintas batas batas negara. Dengan adanya platform E-commerce Ebay.com ataupun Alibaba.com kita sudah bisa melakukan 2 hal yaitu; Membeli atau Menjual barang barang keluar ataupun dari luar Indonesia. Dengan perkembangan proses pembayaran E-wallet seperti melalui paypal, semua transaksi online serasa menjadi lebih aman.

Tinggal bagaimana kita sekarang, menanggapinya dengan rasa optimis bahwa #MEA2015 akan menjadi peluang yang sangat menguntungkan atau malah menjadi hal yang merugikan. Bagaimana menurut kalian ?

 

Salam Digitizer,

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.