UKM Indonesia – Anda tentu akan merasa kecewa ketika melihat barang yang dibeli secara online tidak sesuai dengan harapan kita. Sedih rasanya penantian beberapa hari menunggu abang kurir datang membawa paket berakhir dengan kalimat ‘loh kok barangnya kayak gini?  Padahal di fotonya bagus’. Selanjutnya yang terjadi adalah timbulnya ketidakpercayaan untuk kembali berbelanja di toko online tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang memiliki bisnis online untuk selalu menjaga kepercayaan pelanggan.

Lalu bagaimana sih cara agar pelanggan bisa percaya pada barang atau jasa yang kita tawarkan? Berikut kami berikan enam cara yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan.

1. Sistem pembelanjaan yang nggak ribet

Selain barang atau jasa yang barang bernilai, hal mendasar yang menjadi salah satu faktor meningkatnya kepercayaan pelanggan adalah sistem pembelanjaan yang jelas dan nggak ribet. Cobalah untuk menambahkan 1 halaman berisi informasi yang jelas dan lengkap tentang step by step pemesanan barang hingga proses bayar.

2. Video sebagai salah satu cara memikat pelanggan

Anda juga membutuhkan video sebagai media promosi kepada calon pembeli. Melalui video Anda bisa menjelaskan tentang bisnis Anda agar pelanggan bisa mengenal bisnis Anda lebih dalam lagi, produk atau jasa yang ditawarkan, dan atau Anda juga bisa menambahkan testimoni dari pelanggan Anda.

3. Testimoni Pelanggan

Selain kualitas produk yang ditawarkan, hal penting lainnya yang akan dicari oleh calon pelanggan adalah testimonial dari pelanggan Anda sebelumnya. Testimonial menjadi salah satu hal penting untuk meyakinkan calon pelanggan Anda sehingga calon pelanggan yang semula hanya mengunjungi website Anda akan tertarik hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda.

4. Rekomendasi dari orang terdekat itu penting

Setelah Anda melakukan penjualan online, kini mulailah melakukan penjualan melalui orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau rekan kerja. Minta bantuan dari orang-orang terdekat Anda untuk membantu merekomendasikan produk Anda di sosial media mereka.

5. Produk atau jasa yang bernilai

Apa yang lebih menyenangkan bagi pelanggan selain produk dan jasa yang bernilai? Selain testimonial dan rekomendasi dari pelanggan, produk yang Anda tawarkan juga harus memiliki nilai jual sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan karena dengan produk dan jasa yang bernilai akan menghasilkan terstimonial yang bernilai pula sehingga dapat meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

6. Media offline juga tidak kalah penting

Setelah mempromosikan bisnis Anda melalui bisnis online, saat ini mulailah untuk mempromosikan bisnis Anda secara offline. Mempromosikan bisnis secara offline juga dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda sehingga target bisnis dapat segera tercapai. Promosi offline ini bisa melalui brosur, banner atau mengikuti acara seperti seminar dan workshop.

Itulah enam cara yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Semoga bermanfaat.

Salam Digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here