Strategi Internet Marketing – Apa yang membuat sebuah Toko Online tidak memiliki pembeli ? Atau mungkin kebalikannya, apa yang membuat sebuah Toko online akan banyak menerima transaksi ? Ya, salah satu jawabnya adalah intensitas promosi yang dilakukannya. Dengan aktifitas promosi toko online kita bisa lebih mendekatkan toko online yang kita miliki ke calon pembeli. Yang paling menyenangkan buat saya saat menyusun Internet Marketing Plan adalah, menyiapkan aktifitas promosi toko online yang bisa memenuhi kebutuhan calon pelanggan. Karena kita akan berpikir seperti yang dipikirkan oleh calon pelanggan kita.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita siapkan saat menyusun strategi promosi Toko Online.

Social Media Marketing

Beberapa tahun ini pergerakan Social Media di Indonesia sangat pesat pertumbuhannya. Dan secara budget tentunya lebih efisien dibandingkan promosi konvensional. Meskipun tidak semudah yang banyak banyak di bicarakan, tetapi memang patut diakui bahwa peran social media dalam aktifitas promosi sebuah Toko Online sangat dibutuhkan.

Search Engine Optimisation (SEO)

Perbedaanya sangat jelas saat sebuah Blog Artikel dibandingkan dengan sebuah Toko Online. Jika salah satu teknik SEO adalah On Page Optimisation, dimana sebuah blog melakukan 3 aktifitas wajib yaitu Judul yang menarik, menulis konten yang relevan dan mengaitkan link yang support dengan konten. Tapi bagaimana dengan sebuah Toko Online yang notabene hanya memiliki Foto Produk dan deskripsinya. Ya, sebenarnya hampis sama cuma Teknik SEO nya kita ubah sedikit, nantinya kita akan bahas di artikel berbeda untuk ini.

Search Engine Marketing (SEM)

Hampir mirip dengan SEO, bendanya kita akan menggunakan jasa pihak ketiga untuk memasang iklan kita, seperti Google Adwords. Memang kita akan mengeluarkan budget disini, tapi tentunya masih lebih murah dibandingkan kita harus memakai media konvensional misal memasang iklan koran.

Forum Diskusi Online

Aktiflah dalam sebuah forum yang memang berkaitan dengan Toko Online yang kalian miliki. Misal toko online saya bergerak di Perlengkapan Studio Fotografi. Maka saya akan masuk di beberapa forum terkait fotografi. Dengan memasang signature yang jelas lawan bicara kita akan melihat profile toko online kita disana.

Supporting Activity

Supporting activity disini maksudnya adalah pergerakan promosi melalui sponsorhip atau joint event offline. Karena tidak bisa dipungkiri market di Indonesia meskipun sudah mulai paham dengan keberadaan toko online. Masih saja ada anggapan, bertemu penjual secara langsung itu lebih afdol. Nah, disinilah fungsi Support Event, tidak harus berjualan tapi minimal kita menyiapkan aktifitas yang lebih mendekatkan kita dengan calon pelanggan.

Nah, itu adalah 5 langkah mudah untuk mempromosikan sebuah toko online kan. Semoga bisa membantu ya, jika ada yang masih ingin didiskusikan bisa kontak team kami ya.

 

Salam Digitizer,

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.