social media marketing

Menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran digital bukanlah hal baru. Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, media sosial dinilai menjanjikan untuk menaikkan brand awareness atau membantu melancarkan tujuan marketing lainnya. Fitur dan interaksi yang dinamis dari berbagai platform adalah alasan lain mengapa penggunaannya penting.  Dikutip dari We Are Social, jumlah pengguna media sosial mencapai 3,8 miliar pada Januari 2020. Angka penggunanya meningkat hingga 9 persen atau 321 juta pengguna baru sejak tahun lalu. Di Indonesia sendiri, tiga platform yang paling banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, dan Instagram.

Layaknya strategi marketing lain, menggunakan media sosial untuk brand tentu juga tidak mudah. Namun, sukses dengan konten di media sosial bukanlah hal yang tidak mungkin. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan agar social media marketing lebih efektif. 

Baca juga: Digital Marketing dan Social Media Marketing – Apa Sih Bedanya?

Membuat dan mengatur jadwal

Mengingat konsistensi itu penting, jadwal adalah cara yang perlu digunakan agar konten dapat diunggah di waktu yang tepat. Dengan selalu membuat dan mengatur jadwal, Anda jadi bisa lebih spesifik terkait waktu sehingga interaksi yang terbangun dengan audiens lebih maksimal. Maka dari itu penting untuk melakukan analisis audiens agar tahu kapan mereka aktif menggunakan media sosial. Anda juga bisa menggunakan scheduling software agar proses mengorganizir jadi lebih mudah dan tidak ada konten yang terlewat.

Buat content-breakdown

Konsisten bukan berarti menggunggah konten sebanyak mungkin. Dengan semua ide yang telah Anda tuangkan menjadi konten, Anda harus tetap memperhatikan bagaimana kualitasnya. Luangkan waktu untuk mengkurasi konten-konten yang telah dibuat. Apakah konten tersebut menarik dan relevan, serta indikator penilaian lainnya. Sisa konten yang ada bisa Anda simpan untuk selanjutnya dievaluasi dan diperbaiki sehingga tetap bisa digunakan.

Catat semua jadwal musiman

Momen tahunan seperti perayaan nasional atau festival adalah konten penting. Dengan ikut membicarakan momentum tersebut, interaksi serta brand awareness diharapkan dapat meningkat. Maka dari itu Anda perlu  mencatat momen-momen penting di proses awal pembuatan jadwal.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Social Media Marketing

Terapkan otomatisasi rutin

Social media marketing perlu banyak hal, mulai dari proses pemilihan konten, penjadwalan, hingga proses mengunggah dan evaluasi. Dengan menerapkan otomatisasi rutin, Anda bisa lebih disiplin untuk mengatur konten. Dengan bantuan software, proses penjadwalan dan mengunggah konten pun juga jadi lebih mudah sehingga tidak ada yang terlewat.

Buat acuan dari konten terbaik

Meningkatkan efektivitas social media marketing melalui konten bisa dilakukan dengan cara menjadikan konten-konten terbaik sebelumnya sebagai acuan ketika hendak membuat konten baru. Ketahui dan pahami apa yang audiens sukai, temukan polanya, lalu ciptakan konten baru dengan informasi tersebut. Buat konten yang otentik dan menarik interaksi audiens.