UX/UI Design

Beberapa dari Digitizer pasti bertanya-tanya. Apa itu UX/UI Design? Apakah mereka sama dengan website designer? hmm daripada bertanya-tanya dalam hati mending simak artikel yang satu ini yuk…

Apa itu UX/UI Design?

User Experience Design atau biasa disebut UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antar pengguna produk.

Baca juga: 4 Startup Fintech Lending, Bantu Selesaikan Masalah Pendidikan

Singkatnya, UX Design itu proses membuat website atau aplikasi yang Anda buat menjadi mudah untuk digunakan. Dengan kata lain mengoptimalkan kinerja website atau aplikasi sehingga pengguna tidak bingung ketika digunakan.

Sedangkan User Interface Design atau UI Design kalau dalam bahasa indonesia adalah Desain Antarmuka Pengguna. Jadi UI Design adalah Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Lebih jelasnya UI Design merupakan tampilan dari suatu website atau aplikasi. Orang menyebutnya sebagai tampilan atau design sebuah website

Baca juga: Flip, Cara Baru Transfer Antar Bank Tidak Perlu Memikirkan Biaya

Faktanya banyak orang yang mengira UX sama saja dengan UI padahal sangat jauh berbeda. Perbedaanya pada konsentrasinya, misalnya kalau User Experience adalah tentang “memahami pengguna”.

Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”. UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa dan apakah itu memecahkan masalah bagi pengguna.

User Experience memiliki ranah yang lebih luas daripada UI. Karena ranah UX dimulai dari research pasar sampai kemudian diimplementasikan kedalam sebuah interface.

Sedangkan User Interface lebih berkonsentrasi pada tampilan website atau aplikasi bagaimana terlihat dan berbentuk seperti apa. Lebih mencakup Layout, Visual Design, dan Branding.

Setelah mengetahui perbedaannya, Anda jadi makin tahu kan UX/UI Design itu memiliki kriteria yang berbeda. Jadi jangan samapi salah kaprah lagi, Digitizer!

Baca juga: E-Commerce Lelang Pertama Di Indonesia