investasi-reksadana

Mengenal investasi reksa dana – Kini telah banyak masyarakat yang menyadari betapa pentingnya investasi finansial untuk masa depan. Telah banyak berbagai jenis investasi di indonesia seperti investasi properti, investasi emas, reksa dana dan lain sebagainya. Dan mungkin banyak pula yang belum mengenal investasi reksa dana. Dibandingkan dengan jenis-jenis investasi lainnya, reksa dana merupakan jenis investasi yang terbilang mudah dan cocok untuk pemula.

Baca juga : Mengenal Financial Technology dan Perkembangannya di Indonesia

Apa itu reksa dana?

Reksa dana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam beberapa instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.

Dana dari sekumpulan investor inilah yang akan dikelola oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang atau efek/sekuriti lainnya.

Kesimpulannya, reksa dana adalah kumpulan dana dari investor (masyarakat) yang akan dikelola oleh Manajer Investasi untuk ditempatkan pada instrumen-instrumen investasi seperti saham, obligasi, pasar uang dan lain-lain, agar memperoleh imbal hasil (return) yang maksimal.

Harga unit pada investasi reksa dana sangat bervariasi. Tentunya presentase resiko dan hasil imbal (return) pada investasi reksa dana juga sangat bervariasi.

Baca juga : Pola Pikir Investor Dalam Rich Dad Poor Dad

Lalu, apa itu Manajer Investasi?

Manajer Investasi yaitu pihak yang memilikin kemampuan dan keahlian dalam mengelola aset dari para investor secara professional. Jadi, para investor hanya perlu menginvestasikan dana dan dana tersebut akan dikelola secara professional oleh Manajer Investasi. Hal ini akan memudahkan para calon investor yang tidak punya cukup waktu untuk mengelola dana investasinya sendiri karena ada Manajer Investasi yang siap membantu mengelola dana investasi untuk mendapatkan hasil imbal (return). Manajer Investasi biasanya bisa beripa perusahaan atau perorangan.

Baca juga : Mengapa Berinvestasi di Properti ?

Untuk anda yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola dana, anda bisa berinvestasi di reksa dana supaya dapat dikelola oleh Manajer Investasi secara professional. Selain mudah dan praktis, reksa dana juga cocok untuk para investor pemula untuk bisa memulai investasi. Sebelum melalukan investasi reksa dana, pastikan penyedia investasi reksa dana yang akan anda pilih telah di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apakah anda berminat untuk berinvestasi reksa dana?

Salam digitizer,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here