WhatsApp-Line-Telegram
WhatsApp Vs Line Vs Telegram, Serasa Perang Dunia Ke II

Dominasi Aplikasi Chatting WhatsApp-Line-Telegram mulai mendominasi ranah Mobile Messaging, membuat kita serasa menikmati Perang Dunia Ke II versi online hehehe (Admin lagi lebay)

WhatsApp-Line-Telegram – Kenapa tidak, 3 aplikasi chatting yang sebelumnya pernah diulas Mas ToufanWH salah satu author infodigimarket mengenai Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Bisnis Online, membuat kami pun tergerak untuk sedikit berbagi informasi mengenai 3 aplikasi chatting ini.

Sejatinya WhatsApp-Line-Telegram didevelop dari 3 tiga negara berbeda yang memang memiliki sumber daya manusia yang mumpuni secara rata rata.

WhatsApp (USA), muncul diawal hanya untuk para pengguna Iphone, tapi di tahun 2010 oleh Whatsapp Inc. sang pengembang, aplikasi ini mulai diluncurkan secara publik disetiap marketplace aplikasi seperti Google Play ataupun Apple Store.

Line (Jepang), diperkenalkan di tahun 2011 oleh perusahaan jepang yaitu NHN Corporation. Dengan icon stiker beruang lucu , aplikasi chatting negeri sakura ini mulai merambah berbagai device, mulai dari smartphone hingga laptop.

Telegram (Rusia), dan yang paling buncit aplikasi telegram ini dibesut oleh dua bersaudara dari Rusia yaitu , Nikolai dan Pavel Durov. Aplikasi ini mulai memikat banyak pengguna di dunia dan saat ini sudah merambah Indonesia.

Sehingga memang layak jika ketiganya diadu kehandalannya. Dengan begitu kita lebih bisa memanfaatkan setiap keunggulan dari tiga aplikasi chatting ini.

Kita sempat mencari beberapa data, dan yang paling asik untuk dimunculkan disini adalah hasil analisa dari Raphael C, salah seorang author di Portalprogamas.com , yang juga membandingkan antara WhatsApp-Line-Telegram dalam bentuk berupa image podium.

Kami akan share disini image ya, dan kita pelajari bersama dengan menggunakan beberapa acuan dari sisi penggunaan.

Berikut ini adalah image untuk perbandingan antara aplikasi chatting WhatsApp-Line-Telegram dengan beberapa indikator penilaian

WhatsApp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Paling Populer
  1. Aplikasi Chatting yang paling populer masih dipegang oleh WhatsApp, di Indonesia piun seperti itu jika kita tidak memperhitungkan keberadaan dari Blackberry Messenger.

BacaJuga: Data Digital Marketing Di Indonesia 2016

 

 

WhatsApp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Sharing Multimedia

2. Aplikasi Chatting yang memiliki platform sharing terbaik adalah Telegram. Dengan penerapan Cloud Platform tentunya aplikasi ini akan sengat ringan. Dan membuka setiap kemungkinan untuk sharing data dengan berbagai platform, bahkan sampai ke batas sharing video dengan kapasitas 1 Giga.

 

Whatsapp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Jumlah Grup Member

3. Aplikasi Chatting dengan penggunaan Grup Chat didominimasi oleh telegram yang mampu menampung 5000 member sekaligus, sedankan whatsapp masih diangka 256 orang sedangkan Line diangka 200 orang. Nah kalau mau bangun grup chat untuk bisnis sudah tau kan pakai aplikasi chatting yang mana:)

BacaJuga : Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Bisnis Online

Whatsapp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Variasi Emoticon

4. Aplikasi Chatting dengan emoticon terbaik, dipegang oleh LINE, meskipun telegram sudah menggunakan emoticon berplatform sticker, tapi jumlahnya masih sedikit. Sedangkan whatsapp sampai sekarang masih menggunakan emoticon smiley.

WhatsApp-Line-Telegram adalah aplikasi chatting yang paling layak digunakan untuk mendistribusikan sebuah informasi secara massive.

 

Whatsapp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Backup Chat Logs

5. Aplikasi Chatting terbaik dalam hal Chat Logs dipegang oleh Telegram. Yang dimaksud dengan Chat Logs adalah backup chatting, nah kalau di telegram, mau ganti device apapun berhubung semua chat terbackup secara cloud kita masih bisa chatting secara realtime bergantian. Dan ini agak susah kalau di Whats App dan Line.

Whatsapp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Terbaik Dalam Hal Chat Experience

6. Aplikasi dengan chat experience (pengunaan) terbaik ternyata dipegang oleh WhatsApp. Meskipun ketiganya sama sama menggunakan no handphone sebagai kode unik ID awal, dan meskipun juga hanya Line yang bisa menggunakan ID facebook ataupun email. Ternyata Whatsapp memiliki 1 basic penggunaan yang tidak dimiliki oleh Line dan Telegram, yaitu Broadcast Messenger yang bisa kita gunakan untuk SPAM message (tidak saya sarankan ya) .

WhatsApp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Dengan Performa Terbaik

7. Aplikasi Chatting dengan Performance terbaik diamankan oleh WhatsApp. Meskipun Line memiliki banyak hal mulai dari chating, video call bahkan game online yang tidak ada di WhatsApp tapi hal itulah yang membuat aplikasi Line sangat berat. Sangat berbeda dengan WhatsApp yang simple dan fokus kepada fungsi utama yaitu komunikasi dan sharing data.

Whatsapp-Line-Telegram
Aplikasi Chatting Teraman

8. Aplikasi chatting teraman diamankan oleh Telegram. Tidak hanya soal enkripsi data atau pesan tapi tapi dalam hal penanganan dan informasi atau solusi dari pengembang yang tidak pernah kita dapatkan di WhatsApp. Sedangkan Telegram dan Line, selain memberikan informasi lewat Official Chat Telegram, aplikasi ini menggunakan social media seperti twitter jika ada beberapa hal yang terkait pembaruan fitur, aplikasi yang bermasalah dan solusi untuk pengguna.

WhatsApp-Line-Telegram Resume

Nah bagaimana dengan kalian, ada yang tau apalagi kira kira yang bisa dijadikan acuan buat perbandingan tiga aplikasi chatting ini. Atau 8 indikator ini sudah cukup ? kalau ada lagi jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar agar artikel ini semakin lengkap dan semakin bermanfaat.

BacaJuga: Artikel Strategi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here