tips sukses mengelola bisnis

Tips Sukses Mengelola Bisnis — Anda masih memikirkan bagaimana caranya sukses sedangkan bisnis yang Anda jalankan masih tergolong bisnis kecil? Jangan berkecil hati dulu. Banyak pemilik bisnis kecil yang awalnya mengalami pasang surut saat menjalankan bisnisnya.

Jika Anda ingin menjadi salah satu dari mereka, maka memiliki strategi yang baik adalah hal yang krusial. Karena tanpa strategi dan pendekatan yang tepat, Anda takkan pernah bisa mencapai tujuan Anda.

Banyak pebisnis yang memilih untuk terus maju menghadapi segala hambatan bagi bisnis kecil mereka, namun tak sedikit juga diantaranya yang menyerah. Mari simak apa saja yang dilakukan para pebisnis hingga sukses meski memiliki bisnis kecil.

Baca Juga : Apa Yang Harus Dilakukan UKM Indonesia Untuk Sukses?

  1. Tips Sukses Mengelola Bisnis – Perbaiki rancangan bisnis secara berkala.

Merevisi rancangan bisnis (business plan) merupakan hal yang wajib dilakukan jika Anda ingin bisnis Anda berkembang. Selain itu, perbaikan rutin ini juga membuat Anda lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan bisnis Anda. Dalam bisnis, ada keberhasilan dan kegagalan yang terjadi dalam tiap tahunnya.

  1. Tips Sukses Mengelola Bisnis – Perbarui tawaran dan berikan nilai pada penawaran.

Segera setelah Anda menyadari bahwa bisnis Anda tak lagi menjual sebanyak sebelumnya, maka itulah waktunya untuk melakukan perubahan. Ketika orang-orang tak lagi membeli apa yang Anda jual, maka Anda harus mulai memikirkan strategi baru. Potongan harga mungkin adalah opsi awal yang Anda pikirkan. Namun harga yang murah itu justru dapat membuat penawaran akan barang atau jasa Anda menurun. Dan ini sangat tidak bagus. Solusinya, berikan nilai pada penawaran Anda. Buat penawaran baru, misalnya dengan product bundles, program pelatihan, dan lain-lain.

  1. Tips Sukses Mengelola Bisnis – Mengetahui target konsumen.

Ketahui target konsumen Anda. Menyasar konsumen secara acak takkan membuat bisnis Anda memiliki konsumen yang tepat. Fokuskan target konsumen Anda sehingga mudah untuk melihat apa yang target konsumen Anda butuhkan. Memahami konsumen Anda merupakan salah satu kunci sukses sebuah bisnis. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat menawarkan produk atau jasa sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga : Membangun Personal Branding Untuk Berbisnis

  1. Tips Sukses Mengelola Bisnis – Pahami kompetisi bisnis.

Hal selanjutnya yang menjadi pendorong suksesnya bisnis kecil Anda adalah memahami kompetisi bisnis Anda. Memantau kompetitor dan memahami kebijakan mereka merupakan hal krusial. Langkah yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari tau competitor, baik langsung maupun tidak langsung. Kompetitor langsung adalah kompetitor yang menawarkan barang atau jasa dalam satu target konsumen yang sama. Sedangkan kompetitor tidak langsung merupakan kompetitor yang menawarkan barang atau jasa serupa namun dengan target market yang lebih besar.

  1. Tips Sukses Mengelola Bisnis – Merekrut orang yang tepat.

Meski terdengar wajar, tetapi merekrut orang untuk membantu mengelola usaha merupakan pilihan berat pada bisnis kecil. Namun jika tidak merekrut orang yang tepat, juga bisa membawa bisnis tersebut jatuh. Orang-orang yang tidak sepemikiran dengan Anda berarti orang-orang yang tidak ingin terlibat dengan bisnis Anda. Untuk itu penting merekrut orang yang tepat agar bisnis Anda bisa terus berjalan, bahkan berkembang.

  1. Tips Sukses Mengelola Bisnis – Menerima perubahan teknologi.

Saat ini teknologi berkembang semakin pesat. Pebisnis yang sukses akan selalu menyadari hal tersebut dan segera menyesuaikan. Tetap melakukan hal yang sama di masa lalu hingga sekarang takkan membawa kemajuan bagi bisnis Anda. Menerima perkembangan teknologi dan segera menyesuaikannya dengan kondisi bisnia Anda akan membawa keuntungan yang besar. Tetap mengikuti perkembangan teknologi dan menyesuaikannya dalam bisnis akan membawa kemajuan dalam bisnis Anda.

  1. Tips Sukses Mengelola Bisnis – Percaya pada intuisi.

Tak ada salahnya percaya pada intuisi. Meski kekurangan data, namun jika Anda memiliki insting kuat akan suatu hal, maka lakukanlah. Yang terlihat berhasil bagi bisnis lain belum tentu akan berhasil untuk bisnis Anda. Ada kalanya Anda perlu keluar dari zona nyaman untuk menyambut perubahan demi perkembangan bisnis Anda kelak.

Sudahkah Anda melakukan 7 tips sukses di atas? Jika belum, selamat mencoba!

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here