Search Engine Optimization – Aktifitas seorang internet marketer tidak lepas dari kegiatan tulis menulis. Yang biasanya diaplikasikan dalam sebuah web atau blog. Menulis bagi sebagian orang adalah hal yang mudah, tapi bagi sebagian orang juga adalah hal yang sangatlah sulit. Apalagi untuk para Internet Marketer, semua proses Apalagi terkait Content Marketing, kita dituntut memberikan tulisan Artikel Yang SEO Friendly, maksudnya artikel yang dibuat selain berkualitas dari segi informasi haruslah mudah di crawling oleh sistem Google Search.

Nah, bagaimana Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang mudah, berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa untuk dijadikan panduannya :

Keyword Target

Pastikan terlebih dahulu, kita ingin artikel kita ditarget dengan keyword apa. Agar dengan begitu kita punya Objective dan Kerangka tulisan yang lebih fokus. Kita bisa melakukan research keyword tersebut di tools yang sudah disediakan oleh google seperti Google Keyword Planner. Misal, artikel ini saya buat dengan keyword Tips Menulis Artikel SEO Friendly .  Dan selanjutnya keyword ini yang akan menjadi panduan artikel ini.

Baca Juga : Cara Mudah Menggunakan Google Keyword Planner 

Page Tittle

Bagian ini lebih sering kita sebut dengan Judul Artikel, dimana kita harus memastikan beberapa hal yang sangat signifikan pengaruhnya, yaitu;

  • Keyword Target; Halaman judul ini harus mengandung keyword yang ingin kita target dan usahakan posisinya ada dibagian depan judul
  • Jumlah Karakter; Pastikan judul yang kalian buat maximal adalah 70 karakter, agar dengan mudah dan tampak rapi saat ditampilkan oleh Google, dan yang pasti tidak terpotong kalimatnya.
Tips Menulis Artikel SEO Friendly Dibagian Header
Tips Menulis Artikel SEO Friendly Dibagian Header

URL Artikel

Selanjutnya, setelah kita memastikan judul mengandung keyword target, pastikan URL artikel kalian sudah tertata rapi dan mengandung keyword target juga tentunya. Posisi untuk editing jika kalian menggunakan platform WordPress ada dibawah bagian judul dengan label permalink. Dengan begitu kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan artikel kita. Misal artikel ini memiliki URL seperti : http://infodigimarket.com/tips-menulis-artikel-seo-friendly 

Meta Description

Meta description adalah sebuah penjelasan singkat dari artikel kita. Output dari meta description ini akan memberikan gambaran singkat apa sebenarnya isi dari artikel kita. Ada 3 hal penting yang harus kita pastikan dalam membuat meta description yaitu;

  • Pastikan keyword target ada didalam meta description
  • Pastikan deskripsi yang kita tuliskan tidak lebih dari 156 karakter
  • Pastikan isi dari meta description memiliki korelasi yang kuat dengan keseluruhan isi artikel.

First Paragraph Optimisation

Nah akhirnya kita sudah bisa memulai menulis paragrap pertama kita. Apakah sudah berhenti proses SEO nya ? belum 🙂 Kita masih memberikan sentuhan lagi agar artikel kita ini lebih SEO friendly. Termasuk di paragraph pertama kita, yaitu pastikan kembali Keyword Target muncul dengan lengkap di paragrap pertama ini. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran lebih detail lagi bagi pambaca fokus dari tulisan kita.

Sebaran Outbond Link Dan Keyword Target

Dalam paragrap-paragrap berikutnya kita tinggal melanjutkan isi artikel yang mau kita tuliskan. Dan usahakan kita memasukkan satu kali outbond link dalam artikel kita ini. Outbond Link adalah memasang link dari link url web atau blog lain. Dan selanjutnya diantara kalimat kalimat yang kita tuliskan masukkan keyword target kita, saran saya maximal 5 kali.

Jumlah Optimal Kata

Bagi yang begitu nyaman dengan menulis, pastinya menulis sampai dengan 300 kata adalah mudah sekali, karena ini adalah jumlah kata optimal untuk artikel kita supaya SEO friendly. Bagaimana indikatornya, ya misal kita pastikan saja menulis minimal 5 paragrap dengan masing masing paragrap minimal 5 kalimat. Dengan membiasakan seperti itu kita tidak perlu secara detail menghitung, sudah hampir bisa dipastikan artikel kita diatas 300 kata.

Image SEO Friendly

Jika kita ingin menambahkan sebuah insertion image dalam artikel kita, pastikan kita memberikan caption yang juga berisi mengenai keyword target kita. Fungsinya adalah, untuk dimunculkan oleh Google saat user memilih opsi Image (bukan web) saat melakukan searching di google.  Dengan begitu, saat image kita muncul, kesempatan artikel kita muncul juga besar.

Bagaimana, semoga tidak bingung ya kawan dalam mengikuti tips menulis artikel SEO friendly ini . Kita bisa diskusikan beberapa hal yang mungkin terlewat dengan komen dibawah ya supaya hasilnya lebih optimal 🙂

Salam Digitizer,

 

 

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here